Gagal Tangani Banjir Wali Kota Cirebon Minta Maaf, dan Berkomitmen Melakukan Perbaikan


(FOTO: Pemda Kota Cirebon)

Kota Cirebon dilanda banjir setelah hujan dengan curah tinggi dan durasi yang cukup lama, terdapat beberapa titik lokasi di Kota Cirebon yang terendam.

Saat banjir melanda, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis langsung melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi banjir. Salah satunya di Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

“Malam itu juga saya meninjau langsung ke lokasi. Salah satunya di Kelurahan Pekiringan,” Kata Azis, Dilansir dari laman resmi Pemda Kota Cirebon, Kamis (27/10/2022).

Tiba di lokasi, Azis langsung berkoordinasi dengan lurah, camat, hingga kepala BPBD Kota Cirebon guna memastikan penanganan yang dilakukan cepat dan tepat. Terutama dalam melakukan evakuasi warga terdampak.

"Terutama saat itu adalah ibu-ibu, anak-anak, hingga warga lansia, yang rumahnya terendam banjir. Ini upaya penyelamatan yang penting dilakukan," Tutur Azis.

Lebih lanjut, Azis mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan banjir sejak jauh-jauh hari, itu pun sebelum musim hujan tiba. Secara teknis, upaya itu dilakukan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR).

“Kita tidak bisa mengesampingkan kerja keras dari jajaran DPUTR dalam mengantisipasi banjir. Seperti, melakukan normalisasi sungai dan drainase maupun langkah-langkah lainnya," Ujar Azis.

Disamping itu, Azis juga tidak menutup mata atas terjadinya banjir pada Selasa malam lalu. Menurutnya dengan curah hujan tinggi dan durasi yang cukup lama, membuat aliran di Sungai maupun Drainase meluap. "Meskipun memang setelah hujan mereda, luapan airnya surut dengan waktu yang tidak lama," katanya.

Pemkot Cirebon berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan agar bisa menekan potensi banjir, keesokan harinya setelah banjir atau tepat hari Rabu (26/10/2022) DPUTR juga langsung turun ke beberapa titik.

"Kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan, sebagai upaya untuk mengurangi potensi banjir di beberapa titik," kata Azis.

Azis juga secara terbuka menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Cirebon terutama warga yang terkena dampaknya, termasuk kejadian banjir ini berdampak pada aktivitas di Kota Cirebon. "Kami menerima atas saran maupun kritik. Kami juga memohon maaf kepada warga yang ada di Kota Cirebon dan terdampak banjir kemarin," Tuturnya.

Comments:

Leave a Reply

you may also like