Berbagai Daerah Penghasil Batik di Indonesia Akan Ditampilkan Dalam Cirebon Batik Festival 2022


Kota Cirebon menjadi tempat digelarnya Cirebon Batik Festival 2022, hal ini memiliki segudang potensi yakni sebagai media literasi dan edukasi tentang batik sekaligus menggairahkan perekonomian.

Pemkot Cirebon kini tengah menyiapkan perhelatan tersebut, seperti yang dikatakan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perekonomian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman, menjelaskan Cirebon Batik Festival direncanakan digelar di bulan Desember 2022 mendatang.

"Selain kuliner, Cirebon juga menjadi ikonnya batik. Ini yang menjadi alasan digelarnya acara ini," kata Iing, Dikutip dari laman resmi Pemda Kota Cirebon, Kamis (3/11/2022).

Cirebon Batik Festival digelar sebagai media literasi dan edukasi batik sebagai warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO. "Harapannya bisa sebanyak mungkin partisipasi. Tidak hanya Jabar tapi juga daerah lainnya," Tutur Iing.

Iing lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya telah menginventarisir daerah produsen batik untuk berpartisipasi di Cirebon Batik Festival mendatang.

Mulai dari berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk bersama tokoh Batik Nasional Komarudin kodya yang juga saling bertukar untuk meminta masukan serta saran digelarnya Cirebon Batik Festival 2022.

Dengan adanya Cirebon Batik Festival 2022 para pengrajin batik dan UMKM bisa naik kelas, dengan begitu perekonomian di tengah kondisi yang sedang tidak baik-baik saja bisa semakin bergeliat, dan menunjukkan progres yang baik.

"Mudah-mudahan event ini bisa gairahkan UMKM di bidang batik dan kriya," Ungkap Iing.

Cirebon Batik Festival akan menggairahkan perekonomian Terlebih jika terjalin kerjasama dan transaksi ekonomi maka diperlukan strategi perencanaan yang matang sehingga tidak membatik festival bisa berjalan dengan sukses.

Comments:

Leave a Reply

you may also like