RAYA Rayakan Menunggu Seseorang Dengan Melepas 'Salahkah Tuk Berharap'


Industri musik Indonesia kembali diramaikan dengan seorang solois wanita yang siap menggebrak  dengan suara syahdu miliknya. Mari berkenalan dengan Raya, musisi yang sudah menyukai musik sejak kelas  3 SD ini akhirnya merilis single debutnya yang berjudul ‘Salahkah Tuk Berharap’. Sejak kecil, Raya memang  telah dibiasakan oleh orang tuanya untuk dekat dengan musik. Mengikuti les piano sejak TK untuk kemudian  mengikuti ekstrakuliler Band saat SD membuat Raya semakin tertarik di dunia musik. Menjadi mimpi dari Raya sejak SMP, musik menurut Raya adalah sesuatu yang bisa membuatnya lebih bahagia. “Aku selalu merasa kalau  musik bisa bikin aku lebih happy. Karena aku bisa menyampaikan pesan atau curhat lewat lagu. Yang bikin  lebih happy adalah saat tahu kalau banyak yang relate dengan cerita yang aku sampaikan. Jadi berasa cerita  bareng dan aku jadi merasa tidak sendirian karena musik,” ungkap Raya.


Untuk single debut ‘Salahkah Tuk Berharap’ ini, Raya mencoba untuk sampaikan cerita yang  merupakan kombinasi dari cerita teman-temannya. ‘Salahkah Tuk Berharap’ berkisah tentang keputusan  seseorang untuk tidak menyalahkan sebuah harapan jika ternyata harapan tersebut tidak sesuai dengan apa  yang dia harapkan. “Harapan kan sebenarnya ‘keinginan’ dari satu pihak yaitu pihak kita. Jadi, kita tidak bisa  memaksakan kalau memang harapan tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Karena saat kita berani  berharap, kita juga harus siap dengan segala jawaban yang akan ada, mau sesuai atau tidak dengan harapan  kita tadi,” kisah musisi yang mengidolakan Noah dan AJ Rafael ini. “Dengan sikap seperti ini, menurutku,  seseorang akan sangat bisa menghargai apa itu cinta yang tidak memaksa satu pihak saja. Tapi bisa  diusahakan dan dicoba, karena kita juga patut dipertimbangkan,” lanjutnya. 

Lagu ini sebenarnya telah selesai di bulan Juli 2021 sekaligus video musiknya di November 2021,  namun harus mengalami kemunduran jadwal rilis karena satu dan lain hal. Walau begitu, Raya tetap bersyukur  akhirnya lagu ini dapat dia rilis. Selama proses pembuatannya, Raya juga ikut dibantu oleh beberapa pihak,  diantaranya: Belanegara Abe dan Abraham Edo yang juga terlibat bersama Raya sebagai Composer dan  Producer, Kaleb J yang juga mengisi seluruh Music Instrument di lagu ini bersama Belanegara Abe dan  Abraham Edo, sementara untuk Mixing dan Mastering oleh Eko Sulistyo.  


"Aku pengen banget teman-teman yang sudah dengerin lagu ini bisa jadi lebih melihat bahwa sebuah  harapan adalah doa, bukan sesuatu yang harus dipaksakan. Jadi, harapan ini berakhir indah atau engga, aku  mau teman-teman bisa lihat hal baik di dalamnya,” pesan Raya pada para pendengar lagu ini. Dengan dirilisnya  single debut Raya, ‘Salahkah Tuk Berharap’ ini, menandakan dimulainya perjalanan karier bermusik yang  dicita-citakan oleh Raya sejak kecil. Dan untuk itulah, Raya kini juga tengah menyiapkan sebuah project  lanjutan yang rencananya akan menjadi sequel dari lagu ‘Salahkah Tuk Berharap’ ini.




Comments:

Leave a Reply

you may also like