Ketahui Peranan Psikolog Dalam Membantu Menangani Masalah Kesehatan Mental


Peran psikolog sangat dibutuhkan bagi seseorang yang sedang bermasalah dengan kesehatan mentalnya. Lewat disiplin ilmu yang dipelajari yaitu, ilmu psikologi. Dalam membantu pasiennya, seorang Psikolog biasanya menggunakan metode psikoterapi agar mengetahui apa yang memengaruhi kondisi mental dan kesehatannya.

Psikologi dapat diartikan Ilmu yang mempelajari atau mendalami berbagai hal tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Seorang psikolog dapat bekerjasama dengan psikiater dan dokter yang menangani pasien.

Secara umum kerjasama yang dilakukan, jika kondisi pasien membutuhkan konseling serta pengobatan dalam bentuk psikoterapi untuk menyelesaikan masalah psikologis atau memperbaiki perilaku pasien.

Jenis-jenis Psikolog

Setelah lulus dari program pendidikan sarjana psikologi, Seorang psikolog dapat mendalami bidang psikologi yang berbeda-beda, nantinya disesuaikan dengan beragam bidang psikologi yang bisa dipilih untuk dipelajari lebih dalam, seperti psikologi industri, dan organisasi, psikologi klinis anak dan dewasa, serta psikologi pendidikan.

1.       Psikolog Industri dan organisasi

Memiliki fokus pada perilaku di tempat kerja dan membantu proses penyaringan karyawan yang sesuai untuk ditempatkan pada posisi tertentu, serta meningkatkan produktivitas karyawan di suatu perusahaan atau organisasi. Kemudian Psikologi industri dan organisasi (IPO) mempunyai tugas untuk membuat program pelatihan bagi karyawan.

2.       Psikolog pendidikan

Seorang psikologi pendidikan mempelajari dan mengamati cara seseorang belajar. Psikolog di bidang ini memiliki tugas dan peran dalam membuat instruksi dan strategi untuk mengajar. Selain itu psikologi pendidikan mempelajari mengenai bakat dan masalah kemampuan belajar seseorang serta bagaimana faktor sosial, kognitif, dan emosional.

3.       Psikolog klinis

Profesi ini berkaitan khusus dalam menangani masalah kesehatan mental. Dengan tugas Psikologi klinis yaitu untuk memeriksa, mendiagnosis, serta merawat pasien. Psikolog klinis dapat memiliki keahlian spesifik di bidang kesehatan mental dewasa dan anak atau memiliki spesialisasi dalam bidang pengobatan terhadap penyalahgunaan obat-obatan.

4.       Psikolog sosial

Psikolog sosial memiliki lingkup yang lebih luas yaitu mempelajari dan menelaah perilaku dan pola pikir suatu kelompok masyarakat. Mulai dari sikap, penilaian, cara komunikasi, hubungan interpersonal, dan perilaku agresif yang dapat muncul di suatu kelompok masyarakat.

Comments:

Leave a Reply

you may also like