Diet Ketat? No Way! Yuk Lakukan Diet Berikut


Memiliki tubuh yang indah dan ramping adalah impian setiap orang, namun sadarkah sobat glamours? Tidak sedikit yang malah menerapkan pola diet salah sehingga menjadikan tubuh sebagai sarang penyakit. Beberapa orang kerap melakukan strict diet yang salah sehingga merusak tubuh mereka, dan goals mendapatkan tubuh ideal pun tidak terpenuhi.


Dalam menjalani strict diet, ada hal-hal yang harus diperhatikan dan sangat dijaga, agar diet yang dijalani tetap sehat dan tidak justru membahayakan, beberapa diantaranya adalah:


Biasakan Sarapan Pagi

Source: Pinterest

Melakukan diet ketat yang sehat, disarankan untuk tetap memulai hari dengan sarapan pagi. hal itu akan membuat kita mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan mengurangi porsi berlebih pada jam makan siang. Keseimbangan gula dan insulin dalam tubuh juga akan terjaga.


Sedangkan melewatkan waktu sarapan, akan membuat kita justru makan lebih banyak juga porsi yang lebih besar di siang harinya. Selain itu, melewatkan sarapan juga dapat menurunkan mood dan meningkatkan risiko obesitas.


Banyak Minum Air Putih

Source: Pinterest

Dalam menjalani diet ketat yang sehat, disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Baiknya minum air putih sebelum makan, hal itu membuat rasa lapar kita berkurang dan akan cepat merasa kenyang. Sebuah penelitian menunjukkan manfaat dari minum air yaitu mampu menurunkan berat badan juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya.


Menjaga Asupan Kalori dan Karbohidrat

Source: Pinterest

Pada umumnya kalori yang dibutuhkan saat melakukan diet ketat oleh tubuh wanita 1500 kal, sedangkan pria 2000 kal. Dengan pengurangan 500 kalori per hari akan membuat diet ketat tercapai dan dalam seminggu akan berkurang 1-2 kg.


Karbohidrat yang dibutuhkan dan dikonsumsi saat diet ketat hanyalah jenis karbohidrat kompleks, karena karbohidrat jenis ini lebih lambat dicerna sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.


Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Source: Pinterest

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan bervariasi agar nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Hal yang perlu juga dihindari yaitu mengkonsumsi gula dan garam yang berlebih, sebaiknya dikurangi, namun tidak dihilangkan.


Memperbanyak konsumsi sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak, serta membatasi konsumsi makanan olahan yang umumnya memiliki kadar gula dan garam yang tinggi. 


Rutin Berolahraga

Source: Pinterest

Diet tidak akan berhasil jika tidak dilakukan bersama olahraga, sekalipun melakukan diet ketat. Oleh karena itu rutin berolahraga saat diet sangat dibutuhkan. Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan energi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi risiko terkena penyakit. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga.


Diet ketat akan membantu menjaga kesehatan jika dilakukan dengan tepat seperti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Namun jika melakukan diet ketat dengan cara yang tidak tepat, tubuh akan menunjukkan berbagai gejala penolakan. Karenanya Anda perlu berkonsultasi dengan Dokter agar mendapatkan jadwal diet yang tepat.


Comments:

Leave a Reply

you may also like