Kolaborasi Angklung dan Musik Jazz, Jadi Spot Wisata Di Kabupaten Kuningan


Angklung merupakan alat musik tradisional yang merupakan kebanggaan warga Jawa Barat, eksistensinya tak perlu diragukan lagi, bahkan sudah masuk ke dalam kancah Internasional, agar tetap lestari maka sudah menjadi tugas kita semua untuk merawat dan menjaganya sebagai warisan budaya.

Di Kabupaten Kuningan sendiri, terdapat pentas musik yang seru menyuguhkan kolaborasi antara jazz dengan angklung. Ini merupakan upaya dalam melestarikan angklung sekaligus dimaksudkan sebagai promosi wisata Kabupaten Kuningan.

Acara bertajuk Jazzklung digelar dalam rangka peringatan ke-76 tahun perundingan Linggarjati dan 12 tahun dikukuhkannya angklung sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

Sukageuri View yang berada di wilayah Palutungan, Kecamatan Cigugur itu dihadiri menjadi Puncak perayaan Jazzklung 2022. Acara ini juga dihadiri Bupati Kuningan, Acep Purnama, bersama para pejabat Forkopimda, Kepala OPD dan tamu lainnya.

Jazzklung 2022 menampilkan sederet talent kondang diantaranya Dwiki Dharmawan, Jei Angklung, Manshur Angklung, Sakatalu, Chikara Band dan Hyz Project.

Penampilan mereka sangat menghibur dengan suguhan musik yang dinikmati oleh masyarakat atau para penonton, bahkan saking menikmati alunan musiknya, Bupati dan tamu lainnya enggan beranjak meski di tengah cuaca dingin kaki Gunung Ciremai.

(FOTO: instagram/@disparbudjabar)

Suguhan etnik Indonesia berbalut Jazz seakan menghipnotis para penonton, ini juga mengingatkan kita pada keindahan Indonesia dan mampu memberikan pengalaman yang spesial dan tak terlupakan.

"Dengan diselenggarakannya JazzKlung 2022 ini, semoga dapat mendukung upaya pelestarian nilai seni dan tradisi untuk membangkitkan kembali kepariwisataan di Kabupaten Kuningan dan Jawa Barat," kata Acep. Sabtu (20/11/2022).

Lebih lanjut, Acep mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mempersiapkan Kabupaten Kuningan sebagai salah satu tempat tujuan wisata unggulan. Apalagi Kuningan memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Rangkaian kegiatan JazzKlung di antaranya adalah camper van, bansos, penanaman pohon, kolaborasi jazz dan angklung kerja sama dengan Dwiki Dharmawan, Jei Angklung, Manshur 5 Angklung, Hyz Project, Chikara Band dan Sakatalu, yang dikemas dalam pertunjukan dan disajikan secara audio visual.

Comments:

Leave a Reply

you may also like