Keseruan Sport Tourism di Pantai Pangandaran Bertajuk Jabar International Marathon (JIM)


Jawa Barat memiliki potensi yang harus terus dikembangkan salah satunya pada sektor wisata. Berbagai pengembangan pun tengah dilakukan Pemprov Jabar.

Spot wisata unggulan di Jawa Barat yakni Pantai Pangandaran, dengan suguhan alam yang indah serta hamparan pasir pantai yang luas, tak heran obyek wisata ini menjadi favorit para wisatawan. 

Selain Potret keindahan alam yang menjadi daya tarik terdapat daya tarik lainnya yakni berupa kegiatan dan salah satunya adalah Sport Tourism.

Beberapa hari yang lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta Jabar international Marathon (JIM) 2022 di pantai barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

JIM adalah bagian dari program Pemprov Jabar dalam mempromosikan wisata Jawa Barat melalui sport tourism. Acara ini digelar secara rutin di akhir tahun.

(FOTO: instagram/@idea.run)

"Ini adalah olahraga maraton yang merupakan kesekian kalinya untuk mempromosikan Jawa Barat di setiap akhir tahun," Kata Emil Sapaan Akrab Ridwan Kamil, Minggu (20/11/2022).

Lebih lanjut Emil mengatakan acara ini digelar di Pangandaran agar semakin menguatkan potensi wisata yang juga berkaitan dengan pariwisata di bidang olahraga.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta JIM terus meningkat dan ini terjadi setiap penyelenggaraannya. Bahkan tahun ini jumlah peserta yang terlibat yakni 2.000 orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Setiap tahun kita sempurnakan, dan pesertanya kurang lebih 2000-an di tahun ini, yang mengikuti dari seluruh Indonesia," Tutur Emil.

Peserta yang berasal dari luar Jawa Barat, diantaranya Sumatera, Bali Kalimantan dan daerah lainnya di Indonesia. Meski peserta terus mengalami peningkatan target dari Pemprov Jabar, kedepan bisa melibatkan pelari-pelari dari luar negeri dan JIM menjadi salah satu Sport Tourism yang paling dinantikan di dunia.

"Kita targetnya suatu hari internasional dari luar negeri pun suatu hari akan ikut dan akhirnya menjadi sebuah peristiwa yang legendaris, olahraga di Jabar," Ungkap Emil.

Tahun ini JIM mengusung tema "Berlari Menuju Indonesia Juara" Adapun kategori dalam perlombaan ini diantaranya 42k Marathon, 21k half Marathon 10k, 5k, dan 5k pelajar pada pilihan in person/offline.

Comments:

Leave a Reply

you may also like