Yuk, Ketahui Manfaat Kafein untuk Kesehatan Kulit


Source: Freepik

Kafein bukan hanya senyawa yang nikmat untuk dikonsumsi saja. Kandungan yang terdapat pada kafein ternyata memiliki manfaat baik untuk eksehatan kulit.Kafein yang berbentuk kecil nan padat ini dapat melewati lapisan kulit dan mengurangi aliran darah, sehingga kulit lebih kencang.

Sumber dari kafein sendiri bisa ditemukan pada berbagai bahan. Senyawa dengan rasa pahit ini berada pada biji, kacang-kacangan, atau tanaman tertentu. Paling lumrah kafein biasa ditemukan pada kopi dan teh.

Dikutip dari Kompas.com, kafein memiliki peran penting sebagai vasokonstriktor atau senyawa yang bekerja untuk mengecilkan pembuluh darah. Hasilnya adalah pembuluh darah akan lebih kencang. Hal ini berpengaruh pada kesehatan kulit.

Source: Pexels.com/Adam Lukac

Kafein dapat dijadikan formula produk perawatan kulit. Kandungan yang terdapat pada kafein dapat mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mecegah selulit, menangkal radikal bebas, dan mengatasi mata panda. Tidak heran bila kafein menjadi campuran produk-produk skincare tertentu.

Sayangnya, seperti ketika minum kopi, efek dari kafein tidaklah selamanya atau bisa dibilang hanya sementara. Dalam beberapa waktu, efek dari kafein akan menghilang. Maka dari itu, menggunakan produk-produk lain sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. Pemakaian produk skincare ini harus digunakan secara rutin.

Begitu banyak manfaat kafein, ada sisi negative yang bisa timbul karena peggunaan kafein. Bagi pemilik kulit sensitive, sebaiknya lakukan pengujian terlebih dulu sebelum menggunakan produknya. Sebab, kafein dapat menyebabkan iritasi berupa kemerahan, gatal, dan perih. Jadi, sebaiknya pastikan lebih dulu apakah kulit dapat menerima kafein dengan baik atau tidak.

Comments:

Leave a Reply

you may also like