Mendapat Perlakuan Body Shaming Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan Mental, Apa Saja?


Setiap orang yang mendapatkan perlakuan body shaming menjadikan kejadian tersebut pengalaman yang buruk. Body Shaming Adalah bentuk perlakuan seseorang yang menyinggung orang lain berdasarkan kondisi fisik dan bentuk tubuh.

Body shaming biasanya dilontarkan dalam bentuk bercandaan atau ledekan oleh orang terdekat. Tentu perlakuan body shaming dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap orang yang mengalaminya.

Di sisi lain body shaming membuat korbannya membenci dirinya sendiri, maka berpotensi merusak mental orang tersebut. Salah satu yang dirasakan yakni tingkat rasa percaya diri menjadi menurun, karena korban body shaming rentan mengalami rasa rendah diri dan marah kepada dirinya sendiri.

Korban merasa terdoktrin oleh perkataan orang lain sehingga cenderung melihat bentuk fisiknya dari sisi yang negatif. Selain itu korban bisa mengalami gangguan anoreksia, ini termasuk hal ekstrim yang terjadi untuk menurunkan berat badan karena perlakuan buruk terhadap penampilannya.

(FOTO: pexels)

Kemungkinan orang yang mengalami hal ini akan merusak keras agar tubuhnya menjadi kurus. Lain halnya dengan kondisi lainnya yaitu Binge Eating Disorder, dimana ini terjadi pada seseorang yang terlalu kurus, bisa membuatnya akan makan tanpa berhenti.

Dirinya akan berusaha keras agar bisa menambah berat badan dengan cepat, karena tidak ingin mendapatkan ejekan kembali karena tubuhnya yang kurus.

Korban body shaming juga berpotensi meningkatkan risiko, terutama bagi orang yang gemuk seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Maka hal ini kemungkinan bisa mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. 

Kemudian yang perlu dihindari dari body shaming yakni menyebabkan korbannya menjadi depresi, hal ini tidak terlepas dari rasa cemas, takut dan khawatir yang parah. Selain itu perasaan tidak mempunyai Harapan dan semangat untuk hidup juga bisa terjadi, ini bisa berakhir pada keinginan bunuh diri.

Comments:

Leave a Reply

you may also like