Rahasja Cantik ala Kraton dengan Lulur Kuning


Source: budaya-indonesia.org

Perawatan kecantikan saat ini sudah begitu maju. Beragam produk serta peralatan kini sudah canggih. Berbagai formula dikembangkan untuk memberikan kualitas yang diinginkan. Sehingga, ketika ingin menjaga kecantikan kulitpun tidak perlu susah payah. 

Untuk sampai pada titik ini, tentunya ada perjalanan yang mengiringinya. Perempuan pada zaman dulu, biasa menggunakan bahan-bahan alami yang masih diolah secara tradisional pula. Bahkan, formula yang diciptakan pada masa lalu itu masih dimanfaatkan sampai sekarang. Misalnya saja lulur kuning Jawa. 

Sejak dahulu, lulur kuning Jawa dikenal sebagai rahasia kecantikan para putri kraton. Lulur ini dibuat dari beberapa bahan alami, yaitu, tepung beras, kunyit, temu giring, serta daun pandan. Manfaat yang diberikan oleh lulur ini adalah mendinginginkan, melembabkan, menghaluskan, mencerahkan, juga menghilanglan sel-sel kulit mati. 

Penggunaan tepung beras di sini ternyata dapat membantu untuk memutihkan kulit. Tepung beras mengandung PABA atau para amino benzoic acid yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan PABA juga meningkatkan vitamin C dalam tubuh. 

Tepung beras mengandung antioksidan beripa asam ferulat. Dalam bahan ini juga terdapat allantoin yang bersifat anriperadangan. Kedua zat ini mampu memperbaiki dan mendinginkan kulit dari sengatan panas matahari. Tepung beras juga dapat menghambat tironase. 

Bahan lain yang tak kalah bermanfaat pada lulur ini adalah kunyit. Bahan ini bersifat antibakteri serta antipenuaan. Antioksidan yang terkandung dalam kunyitpun cukup banyak yang pastinya bail untuk kulit. Dapat disimpulkan bahwa kunyit berfungsi untuk membuat kulit awet muda dan segar. Selain itu, kunyit dapat merangsang pertumbuhan sel batu dan menjaga elastisitas kulit.

Pembuatan lulur kuning Jawa ini cukup dicampurkan semua bahannya. Kemudian, campurkan kembali bahan-bahan dengan air mawar untuk mendapatkan hasil yang pekat. Setelah jadi, lulur siap untuk digunakan. 

Perempuan zaman dulu mungkin memang membuat lulur kuning  Jawa secara tradisional. Namun, formula yang dikombinasikan tetap menghasilkan lulur berkualitas. Kulit yang sehat dan cantik tetap didapatkan dengan bahan-bahan serta proses sederhana.

Comments:

Leave a Reply

you may also like