Yuk, Ikuti Langkah Tepat Sebelum Mencuci Wajah!


Source: Freepik.com/valuavitaly

Mencuci wajah menjadi salah satu rangkaian merawat kulit yang cukup krusial. Bahkan bisa dibilang, mencuci wajah adalah tahapan pokok yang harus dilakukan setiap hari. Kegiatan ini memang kelihatannya sederhana. Namun, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar mencuci wajah tidak sia-sia dan bersih maksimal. 

Nah, sebelum mencuci wajah, yuk, perhatikan langkah di bawah ini!

Cuci Tangan 

Source: Unsplash.com/Curology

Memerhatikan kebersihan tangan sebelum mencuci wajah adalah langkah penting. Sebelum menyentuh bagian wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu untuk membersihkan bakteri yang menempel. Hal ini dikarenakan kulit wajah mungkin lebih sensitif daripada bagian lain. Jangan biarkan bakteri berpindah dari tangan ke wajah dan menyebabkan berbagai penyakit.  

Gunakan Air Hangat

Source: Freepik.com/jcomp

Mencuci wajah menggunakan air hangat disarankan untuk mengoptimalkan pembersihan kotoran. Gunakan air yang tidak terlalu panas ataupun dingin. Lalu tuangkan sedikit sabun, usapkan ada wajah, dan basuh kembali menggunakan air. menggunakan handuk bersih sebagai langkah air. 

Hindari Scrub

Source: Freepik.com/jcomp

Ada banyak produk face wash, Anda harus berhati-hati dengan produk yang mengandung scrub. Bukannya tidak bisa digunakan, tetapi sebaiknya bedakan penggunaan scrub dan sabun cuci wajah biasa. Scrub memiliki fungsi lain yaitu untuk mengeksfoliasi wajah.  Jika dilakukan secara terus menerus, kulit justru akan mengalami iritasi karena jaringan kulit yang rusak. Scrub bisa digunakan secara berkala 1-3 kali seminggu. 

Gunakan Dua Kali Sehari

Source: Unsplash.com/Curology

Membersihkan kulit merupakan tindakan baik, tapi berubah menjadi sebaliknya jika dilakukan berulang kali. Tindakan mencuci wajah lebihd ari dua kali sehari dapat membuat kulit menjadi kering dan terasa tertarik. Sebaiknya, face wash digunakan pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam setelah selesai semua kegiatan. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencuci wajah agar hasilnya maksimal. Sebelum menggunakan face wash pastikan juga urutan penggunaan skincare sudah betul. DIimulai dari menggunakan cleanser, micellar water, baru face wash.

Comments:

Leave a Reply

you may also like