Kenali Biang Keringat, Si Kecil Merah, Panas, dan Buat Gatal


Source: Pinterest

Biang keringat biasanya menjadi masalah yang mengganggu bagi sebagian besar orang. Dilansir dari halodoc.com, biwng keringat atau milaria ini merupakan ruam kecil kemerahan yang membuat gatal serta perih. Meskipun sering kalinya tejadi pada bayi, biang keringat juga bisa terjadi pada orang dewasa. 

Penyebab adanya biang keringat ini adalah tersumbatnya kelenjar keringat itu sendiri. Namun, belum diketahui secara pasti apa yang membuat kelenjar keringat itu tersumbat. Beberapa faktor seperti panas, kelenjar keringat berkembang, dan terlalu lama berbaring memiliki potensi untuk memicu biang keringat  

Biasanya biang keringat muncul ketika berada si luar ruangan yang panas atau lembab. Akan muncul bintik kecil merah dan terasa gatal. Biang keringat ini akan muncul pada seluruh area tubuh, terutama yang bekeringat. 

Tenang, biang keringat adalah penyakit tidak menular dan bisa dicegah dengan beberapa cara. Tentunya, untum mencegah biang keringat, kita harus menghindari penyumbatan kelenjar keringat. Beberapa langkah tersebut adalah menjava kulit agar tetap sejuk atau dingi, menggunakan produk berbahan lembut tanpa parfum, tidak memakai pakaian terlalu ketat maupu  tebal, juha seka ketika keluar keringat.

Bila biang keringat sudah terlalu menganggu, penanganan sederhana di rumah bisa dicoba. Misalnya saja mengompresnya bagian ruam dengan air dingin dan menggunakan bedak talek. Selalu menjaga asupan cairan tubuh juga adalah hal penting yang harus dilakukan setiap hari untuk membuat tubuh tetap sehat. 

Biang keringat bisa dibilang penyakit tidak berbahaya. Namun, keberadaanya bisa berubah fatal bila sudah menunjukkan gejala seperti ruam membengkak, merah, dan mengeluarkan nanah. Terlebih bila disertai dengan demam. 

Biang keringat mungkin terlihat sepele. Tapi, jika ditinjau lebih jauh, biang keringat yang gatal bisa mengganggu aktivitas. Meskipu  tidak berbahaya dan tidak menular, biang keringat tetap harus diatasi agar tidak naik tingkat dan menjadi suatu malapetaka bagi tubuh.

Comments:

Leave a Reply

you may also like