Kesegaran Bakmi Toprak Yu Nani, Goyangkan Lidah Sampai Hati


Source: Pinterest


Mendengar kata toprak, pasti yang akan terpikirkan adalah hidangan dengan saus kacang khas Betawi. Namun, ketika kamu berwisata ke Solo, kamu akan menemukan toprak dengan nuansa berbeda. Makanan ini sering disebut sebagai bakmi toprak. Salahsatunya yang paling melegenda di Kota Batik ini adalah milik Bakmi Toprak Yu Nani.


Bakmi toprak atau bakmi ketoprak adalah sebuah hidangan berkuah yang disajikan dengan berbagai bahan, mulai dari protein hingga sayur-mayur. Setidaknya ada 12 macam isian yang aka nada dalam satu porsi bakmi toprak, seperti kecambah, kacang, tempe, koyor, bihun, dan lain-lain. Tidak menggunakan saus kacang, bakmi toprak justru menggunakan kuah bening yang dibuat dari kaldu sapi.


Citarasa yang dihasilkan dalam sesuap bakmi toprak pastinya gurih dari kaldu sapi yang kemudian dimasak menggunakan berbagai bumbu pilihan. Ditambah dengan beragam isian, membuatnya semakin kaya akan rasa juga tekstur. Sepintas memang mirip dengan soto, tapi pastinya berbeda, ya. Apalagi bila ditambahi irisan cabai rawit merah yang menggiurkan. Rasanya pasti akan terus menempel dan nagih.


Untuk mendapatkan satu porrsi bakmi toprak sebenarnya tidak terlalu mahal. Satu porsinya tidak sampai Rp 20.000, sudah lengkap dengan minumnya. Isinya banyak dan pastinya mengenyangkan. Jadi, tidak salah bila berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir kemari.


Bakmi Toprak Yu Nani bisa dibilang legendaris sebab usianya sudah lebih dari 60 tahun. Lebih dari 6 dekade, rahasia dapurnya tetap terjaga hingga saat ini. Kalau ingin mampir, cobalah menuju ke Jalan Pandu Dewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan. Meskipun sedikit mblusuk, akan tetapi hasilnya akan memuaskan.

Comments:

Leave a Reply

you may also like