Seseorang Yang Suka Menyendiri Identik Dengan 3 Gangguan Kepribadian Ini



Seseorang yang suka menyendiri bukan hanya di gambarkan sebagai introvert, namun bisa juga dikaitkan dengan salah satu tanda gangguan kepribadian.

Tipe kepribadian introvert, lebih suka mengasingkan diri daro lingkungan sosial, hal ini justru memberikan kenyamanan dan kekuatan. Introvert di situasi yang tepat membuat mereka lebih produktif dalam memikirkan segala sesuatu yang ada di benaknya.

Seseorang yang suka menyendiri tidak selamanya memiliki kepribadian introvert. Sering menyendiri juga bisa dikarenakan oleh gangguan kepribadian.

(FOTO: pexels)

Ada Beberapa gangguan kepribadian yang identik dengan sikap menyendiri, diantaranya:

-          Schizoid

-          Schizotypal

-          Gangguan Kepribadian Menghindar

Seseorang yang mengalami gangguan Schizoid memiliki ekspresi emosional terbatas, terutama saat menjalin komunikasi dengan orang lain. Orang yang mengidap ini cenderung tidak menjalin kedekatan atau hubungan dengan orang lain, termasuk keluarga.

(FOTO: pexels)

Sedangkan Schizotypal merupakan gangguan kepribadian eksentrik, seseorang memiliki pola pikir dan tindakan yang berbeda dengan orang lain, sehingga terlihat aneh.

Kemudian ada gangguan kepribadian menghindar, merupakan gangguan kepribadian dengan ciri utama menghindari interaksi sosial karena merasa lebih rendah dari orang lain.

Yang pasti jika ada merasa selalu sering ingin menyendiri, apalagi jika disertai dengan tanda gangguan kepribadian, lebih baik anda konsultasi dengan psikolog. Ini dapat membantu anda dalam mengenal kepribadian anda lebih dalam, serta mencari cara untuk mengendalikannya.

Comments:

Leave a Reply

you may also like