Kota Cirebon Inisiasi Acara Melestarikan Batik Dengan Kegiatan Olahraga



Rangkaian Cirebon Batik Festival 2022 disambut antusias oleh para warga. Acara yang dihadiri oleh ribuan masyarakat berlangsung meriah.

Salah satu kegiatan yang menyedot animo yakni Jalan Santai, bertajuk Jalan Sehati Berbatik, bertempat di Selasar Gunung Jati.

Peserta yang mengikuti Jalan Santai ini dimulai dari Depan Balai Kota Cirebon sebagai titik start, kemudian dilanjutkan ke Jalan Siliwangi, Jalan Bahagia, Jalan Sisingamangaraja, dan finish di Jalan Ambon, kawasan Pelabuhan Cirebon.

Selain dihadiri oleh ribuan Warga, Wakil Wali Kota Cirebon turut hadir dalam rangkaian Jalan Sehati Berbatik, acara ini juga menurutnya untuk mengkampanyekan gemar berbusana batik kepada masyarakat.

Apalagi Batik merupakan warisan budaya Nusantara yang harus terus dilestarikan. “Ini bentuk upaya pemerintah daerah melestarikan batik. Apalagi di Kota Cirebon ada kampung batik Kriyan dengan ciri khas batik yang berasal dari pewarna alami,” kata Eti, Dilansir dari Laman Resmi Pemda Kota Cirebon, Minggu (11/12/2022).

Selain pesan dalam melestarikan baik, Pemda Kota Cirebon juga mengajak masyarakat agar menerapkan perilaku hidup sehat. Senada dengan rangkaian ini maka yang paling dikedepankan yakni kegiatan olahraga.

"Kami kemas menjadi satu antara kampanye berbusana batik dan berolahraga. Semoga kedua hal terebut bisa dijaga dengan baik oleh masyarakat," Tutur Eti.

Eti yang mewakili Pemda Kota Cirebon juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat yang mempunyai antusiasme tinggi, ini membuktikan masyarakat bangga dan cinta memakai busana batik.

"Luar biasa antusiasme dari masyarakat. Kami berharap batik tetap lestari dan tidak punah ditelan zaman," Ungkap Eti.

Kegiatan ini tentu diharapkan bisa memberikan dampak baik terhadap warisan budaya nusantara. Kontribusi nyata dari masyarakat serta sinergitas yang terjalin antara Pemerintah dengan masyarakatnya akan membuat Batik dikenal oleh masyarakat luas bahkan menjadi warisan turun temurun.

Comments:

Leave a Reply

you may also like