Sebelum Berolahraga Lakukan Gerakan Pemanasan Ini Agar Memperoleh Manfaat Yang Maksimal



Sebelum anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Walaupun sebagian menganggap bahwa pemanasan terkesan sepele bahkan sering terlewatkan, namun jika anda melakukannya akan mencegah cedera dan ketegangan otot.

Pemanasan juga baik dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh hingga membuat anda lebih, udah bergerak dan olahraga yang and lakukan bisa lebih maksimal.

Dengan begitu anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga terutama bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Adapun pemanasan dilakukan selama 5-10 menit, dilakukannya pemanasan bertujuan agar tubuh dapat melakukan aktivitas yang lebih berat. Gerakan ini juga penting untuk mendukung kinerja jantung dan to selama berolahraga.

Ada berbagai gerakan pemanasan yang bisa anda lakukan. Diantaranya:

1.       Berjalan: saat melakukannya usahakan untuk menggerakkan lengan ke atas dan ke bawah.

2.       Mengangkat lutut: berdirilah dengan tegak dan angkat lutut selama 30 detik. Secara bergantian. Usahakan agar lutu terangkat hingga menyentuh dada dan tahan lutu menggunakan tangan.

3.       Memutar bahu sambil jalan di tempat: putar bahu ke depan sebanyak 5 kali dan ke belakang sebanyak 5 kali. Biarkan menggantung sisi tubuh.

4.       Squat: berdiri dengan kaki selebar pinggul, jaga punggung tetap urus dan turunkan pinggul secara perlahan hingga paha sejajar dengan lantai, berhentilah sebentar dan berdirilah kembali.


Gerakan stretching, yoga, dan Pilates juga bisa anda lakukan sebagai bagian dari pemanasan. Jika anda sudah melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan pendinginan. gerakan ini juga memiliki manfaat yang sama seperti pemanasan yaitu mencegah kram otot dan mengurangi resiko cedera.

Gerakan pemanasan sebelum olahraga tidak selalu sama bagi setiap orang. Disesuaikan dengan jenis olahraga dan penyakit atau kondisi medis tertentu.

Comments:

Leave a Reply

you may also like