Sering Olahraga? Penting Melakukan Warming Up dan Cooling Down!



Source: Pinterest

Sobat Glamours yang suka dengan olahraga tentunya sadar akan kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun saat melakukan olahraga penting melakukan pemanasan atau warming up sebelum olahraga dan setelahnya atau cooling down. Kedua hal tersebut seringkali diabaikan, padahal memiliki manfaat yang melimpah dan mampu meregangkan otot-otot Anda. Yuk simak penjelasan lengkapnya tentang warming up dan cooling down berikut ini!


Pemanasan Warming Up

Source: Pinterest

Pemanasan dilakukan setidaknya 5-10 menit sebelum berolahraga. Gerakan yang dilakukan pun cenderung perlahan, mudah, dan konsisten. Salah satu yang harus dilakukan saat pemanasan adalah peregangan otot, untuk membuat otot lebih elastis dan lentur. Selain itu tujuan utama pemanasan adalah untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan denyut jantung.


Meski pemanasan memiliki peranan yang penting, tapi sebaiknya dilakukan sesuai dengan porsinya. Pasalnya, pemanasan yang berlebihan malah bisa menyebabkan cedera sendi. Selain itu, pemanasan yang berlebihan pun bisa menghabiskan energi dan membuat olahraga menjadi tidak efektif.


Cooling Down

Source: Pinterest

Setelah melakukan olahraga, Anda perlu melakukan pendinginan. Namun sayangnya, pendinginan juga menjadi satu hal yang paling sering dilupakan. Padahal, dalam rangkaian olahraga, pendinginan alias cooling down merupakan hal yang sama penting dengan pemanasan. Pendinginan sering dilupakan karena seseorang biasanya sudah terlalu lelah dan merasa malas untuk melakukannya.


Jika pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan tubuh sebelum berolahraga, maka pendinginan juga memiliki perannya sendiri. Melakukan pendinginan setelah berolahraga bertujuan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Selain itu, pendinginan juga penting untuk mencegah cedera dan pegal-pegal setelah berolahraga.


Saat sedang berolahraga, otot tubuh akan mengalami perubahan dan merasa hangat karena gerakan dan kecepatan yang dilakukan. Nah, untuk inilah dibutuhkan pendinginan. Pendinginan dapat membantu meningkatkan rentang gerak otot. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya robek atau terluka pada bagian otot.


Kedua hal tersebut merupakan bagian dari olahraga yang perlu Anda lakukan. Sehingga kesehatan saat berolahraga terjamin dan tubuh Anda akan semakin bugar. Jadi Sobat Glamours jangan sampai melupakan juga melewatkan hal penting tersebut ya!


Comments:

Leave a Reply

you may also like