Orang Kaya Ini Tinggal Di Beberapa Daerah Jawa Barat, Berikut Daerah Penghasil Orang Kaya



Orang yang kaya tidak hanya identik dengan publik figur atau artis ternama, yang dimana kebanyakan dari mereka lebih banyak tinggal di Metropolitan atau Jakarta.

Namun di Jawa Barat sendiri, ternyata ada daerah yang menghasilkan banyak orang kaya, ini bisa kita ketahui melalui Data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita.

Jawa Barat dibanding dengan provinsi lainnya memiliki jumlah masyarakat yang paling besar, bahkan penduduknya mencapai angka 49,94 juta. Mayoritas tidak hanya di Bandung namun tersebardi berbagai daerah Jawa Barat lainnya.

Provinsi ini juga sangat identik dengan budaya Sundanya, sehingga mayoritas menggunakan bahasa Sunda, meski tak sedikit juga yang menggunakan Bahasa Jawa.

Dengan populasi yang besar, dan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi terpadat, fakta lainnya Jawa Barat memiliki daerah dengan pendapatan tinggi, yakni mencapai angka Rp 43,07 juta (Data PDRB tahun 2020).

Lalu daerah mana sajakah di Jawa Barat yang menjadi penghasil orang kaya?

1.       Kota Bandung

PDRB di Kota Bandung pada tahun 2021 mencapai Rp 121.126 juta tahun 2021, dimana masyarakatnya banyak memanfaatkan lokasi geografi Kota Bandung untuk membuka bisnis pariwisata dan Sebagian penduduknya juga bekerja di sektor pendidikan serta pertanian.

2.       Kabupaten Bekasi

Kota Bekasi yang merupakan kawasan industri dan hal ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk mencari pekerjaan. PDRB Kabupaten Bekasi pada tahun 2021 mencapai Rp 107.801 juta. Sebagian masyarakatnya mengalami peralihan pekerjaan dari bertani menjadi karyawan industri, kemuddian sebagian lagi berprofesi di sektor perikanan dan peternakan.

3.       Kabupaten Karawang

Kawasan ini juga terdapat banyak industri. PDRB Karawang mencapai Rp 98,726 juta pada tahun 2021. Sektor industri menjadi peranan penting dalam perekonomian masyarakat Karawang. Adapun masyarakatnya secara mayoritas bekerja sebagai petani, lalu sebagian lagi bekerja di bidang industri.

4.       Kota Cirebon

Kota yang dikenal sebagai Kota Udang, dan menjadi daerah dengan produksi terasi udang yang sangat khas. Sebagian besar penduduk Cirebon bekerja sebagai nelayan, pedagang, dan PNS. Adapun PDRB Kota Cirebon pada tahun 2021 mencapai Rp 72 ,741 juta pada tahun 2021.

Comments:

Leave a Reply

you may also like