Cara Membantu Teman Yang Punya Gangguan Kesehatan Mental, Apa Yang Harus Dilakukan?



Di tahun 2023 isu-isu kesehatan mental terutama di kalangan anak muda terus mengalami perkembangan, disamping itu banyak orang yang menggaungkan atau menyuarakan dukungan bagi mereka yang mengalami kesehatan mental.

Ada banyak faktor penting dalam menangani gangguan kesehatan mental yang dialami pengidapnya, selain dari Psikis orang tersebut, faktor lingkungan sekitar pun juga sangat berpengaruh.

Seandainya orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berada dekat dengan kamu, apa yang akan kamu lakukan? tentu hati anda tergerak untuk membantunya.

Namun kamu pun pasti akan bingung jika ditanya, cara apa yang akan kamu lakukan. Apalagi jika tidak semua orang mempunyai keilmuan Psikologi, atau tentang dunia kesehatan mental.

(FOTO: pexels)

Apa yang harus kita lakukan?

Pertama, kamu harus menjadi pendengar yang baik, tak hanya orang yang memiliki kesehatan mental yang baik untuk minta didengar, begitupun salah satu teman kamu yang miliki gangguan kesehatan mental juga ingin didengar.

Maka dari itu jangan biarkan mereka merasa terpuruk dan sendirian. Kamu harus berada disampingnya, mendengarkan keluh kesahnya tanpa memberikan saran atau justru menyudutkan.

Kalau kamu ada kesempatan, terutama menanyakan apa yang bisa dilakukan untuk membantunya. Tentu perilaku dan sikap yang seperti ini yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh seseorang yang memiiki masalah kesehatan mental, hal ini juga menunjukkan bahwa masih ada orang yang peduli.

Disamping itu kamu harus mengetahui batasan pada saat akan membantu teman yang mengidap gangguan kesehatan mental. Kondisi ini juga bisa jadi membuat anda merasa jika kamu satu-satunya yang bisa membantu mereka.

Akan tetapi perasaan tersebut tidak bisa dibenarkan, karena ada pihak yang lebih ahli dan kompeten dalam memahami masalah kesehatan mental, Seperti dokter spesialis atau Psikiater.

Comments:

Leave a Reply

you may also like