Lebih Hati-hati! Jenis Makanan dan Minuman Ini Justru Menyebabkan Dehidrasi



Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air, yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dan gangguan kesehatan. 

Banyak orang berpikir bahwa hanya makanan dan minuman yang tidak mengandung air yang dapat menyebabkan dehidrasi, namun kenyataannya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebenarnya bisa memperburuk kondisi dehidrasi. 


Jenis makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi

Pertama, ada Makanan yang kaya akan garam seperti keripik, gorengan, daging asap, dan makanan olahan sering dikaitkan dengan peningkatan risiko dehidrasi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat mempercepat proses dehidrasi, hal ini karena garam dapat menarik air dari tubuh dan mempercepat pembuangan air seni.

Selain makanan yang mengandung garam, minuman beralkohol pun dapat menyebabkan dehidrasi karena alkohol menghambat produksi hormon antidiuretik (ADH) yang berfungsi untuk mempertahankan kadar air dalam tubuh. 

Alkohol juga dapat menyebabkan pelepasan air dalam jumlah besar dari tubuh melalui urin, sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Tak hanya Alkohol, Minuman yang didalamnya terdapat Kafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan soda juga dapat mengganggu fungsi ADH, yang akan meningkatkan produksi urin dan mempercepat proses dehidrasi.

Kemudian ada Makanan pedas, seperti cabai atau saus pedas yang juga dapat menyebabkan dehidrasi karena mengakibatkan produksi keringat yang lebih banyak. 

Keringat yang keluar dari tubuh dapat mengandung banyak air dan elektrolit, sehingga dapat mempercepat proses dehidrasi jika tidak diganti dengan minum cukup air.

Makanan lainnya yakni makanan olahan seperti roti, kue, dan makanan ringan sering mengandung bahan pengawet dan garam yang tinggi. Konsumsi makanan olahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena kebutuhan air untuk mencerna makanan olahan lebih tinggi daripada makanan yang segar dan alami.

Terakhir ada makanan asin seperti kerupuk, popcorn, dan kacang-kacangan dapat mempercepat proses dehidrasi karena mengandung banyak garam. Garam dapat menarik air dari tubuh dan mempercepat proses pembuangan air seni.

Comments:

Leave a Reply

you may also like