Waspada, Penyebab Kebotakan Pada Rambut Pria!


Sobat Glamours pernahkah merasakan rambut rontok yang berlebihan? Bahkan sebagian pria mengalami kebotakan karena hal tersebut. Namun ternyata penyebab kebotakan tersebut banyak sekali faktornya. Mulai dari internal, eksternal, nutrisi dan masih banyak lagi. Yuk langsung simak berbagai penyebabnya, agar Anda lebih waspada terhadapnya!


Perubahan hormon

7 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami Halaman all - Kompas.com

Source: Pinterest

Perubahan atau ketidakseimbangan hormon tubuh dapat menyebabkan Anda mengalami rambut rontok yang berujung kepada kebotakan rambut. Salah satu hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan rambut yakni hormon androgen atau hormon seks pria. Fungsi hormon ini salah satunya ialah mengatur pertumbuhan rambut. Penelitian menunjukkan pola kebotakan pada pria berhubungan dengan hormon androgen.


Berbagai Penyakit

Anemia: i sintomi e le cause principali - SB Medical

Source: Pinterest

Ada berbagai macam kondisi medis yang dapat menyebabkan rambut rontok sehingga berujung kepada kebotakan, seperti di bawah ini.

  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Anemia
  • Penyakit autoimun, seperti lupus
  • Infeksi menular seksual, seperti sifilis
  • Tinea capitis, infeksi jamur pada kulit kepala
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS), umumnya terjadi pada wanita

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dapat menyerang folikel rambut sehingga membuat rambut rontok tiba-tiba, meninggalkan bekas halus pada kulit kepala, serta menghasilkan kebotakan seperti lingkaran kecil di kulit kepala.


Kekurangan Nutrisi

Source: Pinterest

rendahnya kadar vitamin B—khususnya vitamin B7 atau biotin, protein, zat besi, dan seng dalam tubuh dapat berisiko mengalami kerontokan rambut. Hal tersebut disebabkan oleh pola makan buruk atau sedang menjalani diet rendah protein. Mengonsumsi daging, ikan, produk susu, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga rambut dapat tumbuh normal kembali.


Itulah beberapa penyebab rambut rontok hingga botak yang perlu Anda waspadai. Bahkan jika telah terjadi, Sobat Glamours harus mengobatinya dengan berbagai macam metode hingga sembuh dan kembali seperti semula. Konsultasikan ke dokter apabila mengalami kerontokan rambut yang berpotensi menyebabkan kebotakan.


Comments:

Leave a Reply

you may also like