Jangan Anggap Sepele, 3 Gejala Menstruasi Yang Harus Anda Waspadai!


Ketika datang bulan perempuan umumnya mengalami beberapa gejala yang sering terjadi, seperti hormon yang tidak stabil, rasa kram pada perut, panggul yang nyeri, sakit kepala, hingga emosi yang nggak stabil. Hal tersebut wajar adanya saat PMS (Pra Menstruasi) tetapi dalam porsi yang tidak berlebihan. Namun sebenarnya, ada gejala menstruasi yang nggak normal sehingga patut kamu waspadai.


Melansir dari Bustle, ada beberapa gejala menstruasi yang nggak normal, dan sudah seharusnya Anda konsultasikan pada dokter. Berikut gejalanya!


Pendarahan Yang Berlebih

Obat Jitu Sembuhkan Perdarahan Menstruasi Berat

Source: Pinterest

Saat menstruasi darah yang keluar umumnya sebanyak dua sampai tiga sendok per jam. Namun jika menghasilkan lebih dari itu bahkan membuat darah menstruasi membasahi pembalut atau tampon secara penuh selama lebih dari satu jam, maka Anda mengalami pendarahan yang berlebih. Pendarahan yang banyak dapat menjadi tanda terjadinya fibroid rahim, tiroid atau gangguan hormonal, dan gangguan inflamasi pada otot panggul.


Selain itu gumpalan darah saat menstruasi secara berlebih dengan bentuk seperti hati ayam atau sapi juga merupakan hal yang tidak wajar. Sehingga jika Anda mengalaminya segeralah konsultasi pada dokter sehingga Anda tahu yang terjadi pada tubuh. Tentunya jika memang perlu ditangani, para ahli dapat memberikan perawatan yang tepat untuk Anda.


Kram yang Instan

Source: Pinterest

Kram memang merupakan gejala menstruasi yang normal dialami pada sebagian perempuan. Namun jika kram yang dirasakan sangat menyakitkan hingga kamu nggak dapat beraktivitas dan nggak dapat mereda hanya dengan obat biasa, boleh jadi kram ini merupakan gejala gangguan kesehatan yang lebih serius.


Dilansir dari halodoc, kram yang sangat menyakitkan dapat menjadi gejala endometriosis, gangguan di mana lapisan rahim tumbuh di area lain di luar rahim, termasuk ovarium, saluran tuba, bahkan pada usus. Selain itu, kram intens ini juga dapat menjadi gejala fibroid rahim seperti halnya pendarahan yang banyak dan gumpalan darah.


Namun jangan khawatir, ada beberapa penanganan klinis yang dapat mengurangi atau mengatasi rasa kram menyakitkan ini saat menstruasi.


Nyeri Tulang Punggung

Ketahui 5 Pilihan Obat Pereda Nyeri Punggung yang Ampuh - Alodokter

Banyak perempuan yang merasakan nyeri tulang punggung bawah saat menstruasi dan ini merupakan gejala menstruasi normal. Namun jika rasa sakit itu terlalu intens hingga membuatmu nggak dapat beraktivitas, nyeri tulang punggung bawah saat menstruasi itu dapat menjadi gejala penyakit endometriosis. Gejala menstruasi memang biasanya terasa tidak nyaman, namun Anda perlu memastikan jika gejala tersebut normal atau tidak. Yuk langsung konsultasi ke dokter bila Sobat Glamours mengalami hal tersebut.


Comments:

Leave a Reply

you may also like