Serupa Tapi Tak Sama, Perbedaan Fast Food dan Junk Food


Source: Freepik

Saat ini, fast food dan junk food sudah semakin mudah untuk ditemui. Keduanya memang menjadi pilihan banyak orang karena factor-faktor tertentu, misalnya saja murah, enak, cepat, dan lain-lain. Fast food maupun junk food dikenal juga sebagai makanan dengan minim nutrisi dan menganggapnya sama. Padahal, anatara dua makanan jenis makanan ini terdapat perbedaan.

Bila ditilik dari definisi, fast food artinya adalah makanan cepat saji. Jenis hidangan ini memang dimnasak dengan waktu singkat dan cenderung instan. Banyak orang memilik fast food karena dapat menghemat waktu.

Source: Pinterest

Ciri khas yang paling mencolok dari fast food ialah cara pengolahannya yang cepat, maka dari itu diberni nama demikian. Meskipun diolah dengan cepat, fast food masih memiliki kemungkinan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini tentunya didapat dari variasi bahan yang digunakan, misalnya saja sayuran.

Lain lagi dengan junk food. Dari segi pengertian sendiri, junk food lebih mengacu pada makanan yang memilki kandungan kurang baik, diantaranya kalori, garam, gula, dan lemak. Jadi, bisa dibilang junk food dari segi manfaatnya untuk tubuhpun kurang.

Source: Pexels.com/cottonbro studio

Junk food memiliki banyak pengolahan. Junk food bisa diolah secara cepat, ada juga yang membutuhkan proses lama. Misalnya saja gorengan, yang memerlukan proses cukup lama dalam menggoreng. Jadi, pengolahan junk food memang bervariasi, tapi kandungannya tetap minim.

Nah, jadi bisa dikatakan bahwa fast food dan junk food merupakan dia jenis makanan yang berbeda. Fast food mengacu pada pengolahannya yang cepat dan mengandung nutrisi baik sesuai dengan variasi bahan yang digunakan. Sedangkan junk food adalah makanan yang minim akan nutrisi baik dan bisa diolah dengan berbagai cara. Meskipun begitu, bukan berarti mengonsumsi keduanya merupakan larangan. Boleh saja dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan atau sesuai porsinya saja.

Comments:

Leave a Reply

you may also like