Segarkan Mata, Candi Sambisari di Yogyakarta


Source: Google Picture/Dan Budhiana

Wisata candi menjadi salah satu sorotan di Yogyakarta. Memang, provinsi ini memiliki beberapa objek wisata candi yang menarik. Disamping Prambanan dan Kalasan yang sudah terkenal, ada Candi Sambisari yang unik siap jadi destinasi wisata pada liburan kali ini. 

Candi Sambisari adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Lokasinya sekitar 12 km dari pusat Kota Yogyakarta dan cukup dekat dengan Candi Prambanan. Bagi wisatawan yang ingin sampai ke candi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Tidak sulit menemukan keberadaannya. 


Source: Google Picture/Channel Inspirasi Bersama

Candi Sambisari bisa disebut unik karena letak candinya ada di kedalaman 6,5 meter. Candi ini ditemukan pada tahun 1966 dan mulai dipugar oleh Dinas Purbakala pada tahun 1986. Candi ini diduga dulu terkubur oleh material-material vulkanik Gunung Merapi saat meletus ratusan tahun lalu. 

Candi Sambisari memang tidak sebesar Candi Prambanan maupun Kalasan. Tapi, kompleks Candi Sambisari ini cukup luas dengan rerumputan hijau yang mengelilinginya ketika musim penghujan, menyegarkan mata. Lalu, saat musim kemarau rerumputuan akan berubah menguning diterpas sinar matahari. 


Source: Google Picture/Anwar Rofiq

Pamor Candi Sambisari tidak kalah dengan wisata candi lain di Yogyakarta. Setiap hari libur tiba, kompleks candi akan ramai oleh wisatawan, entah sekelompok remaja atau keluarga. Waktu yang disarankan untuk datang kemari adalah pagi atau sore hari. Jika siang, Candi Sambisari akan terasa panas karena pada area candi minim pohon tinggi yang membuat rindang. Sedangkan saat pagi candi akan sepi dan cocok sekali bagi wisatawan yang ingin mengabadikan potret. 

Untuk masuk ke Candi Sambisari, ada biaya yang perlu dikeluarkan. Harga tiket per orang hanya Rp 3.000 saja. Tentunya harga tersebut sangat terjangkau dan tidak memberatkan donpet. 

Candi Sambisari memang sebuah objek wisata. Namun, kita harus ingat juga bahwa Candi Sambisari merupakan peninggalan sejarah. Tidak berprilaku senonoh serta tetap sewajarnya menjadi langkah untuk turut melestarikan kebudayaan.

Comments:

Leave a Reply

you may also like