Cybersickness: Kondisi Pusing dan Mual karena Gadget


Source: Freepik/storyset

Berlama-lama di depan layar gadget kepala rasanya pusing dan mual?

Ponsel, laptop, computer, tablet, dan aneka gadget yang lain memang suatu hal yang krusial bagi manusia. Setiap hari, hampir gadget selalu dioperasikan, entah untuk bekerja, bermain games, atau sekedar scrolling media social. Seolah, tanpa gadget hidup manusia akan hampa. Akan tetapi, terlalu lama di depan gadget juga tidak baik. Salahsatu dampak negatifnya adalah timbulnya cybersickness.

Cybersickness ini bisa dibilang mirip dengan motion sickness, dimana otak merasa kebingungan dengan sinyal yang diterima. Jika motion sickness disebabkan karena otak bingung antara tubuh yang diam dengan pergerakan di luar, cybersickness disebabkan pergerakan layar gadget. Contohnya saat bermain games atau scrolling layar.

Di dunia internet, semua hal bisa masuk. Mulai dari tulisan hingga gambar yang cukup realistis. Beberapa factor inilah yang semakin mempengaruhi timbulnya cybersickness pada seseorang. Orang akan merasa lebih mudah untuk pusing atau mual.

Cybersickness bisa diatasi secara sederhana bila gejalanya belum terlalu parah. Bila berada di rumah, usahakan jangan terlalu banyak menatap layar gadget. Luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan mata agar tidak timbul pusing hingga mual. Akan tetapi, bila sedang dalam situasi sedang rapat atau melakukan pertemuan secara online, sebaiknya manfaatkan waktu istirahat yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu berlebihan dalam menatap layar gadget.

Cybersickness bisa terjadi karena siapa saja. Apalagi, bagi seseorang yang memang melakukan banyak pekerjaan di depan layar gadget. Sebisa mungkin kurangi aktivitas di layar ketika istirahat tiba. Namun, bila suah terlanjur parah, bisa dikonsultasikan kepada yang lebih ahli.

Comments:

Leave a Reply

you may also like