Sajian Ampas Kelapa dalam Sebungkus Botok


Source: Pinterest

Anda pernah dengar atau mencicip botok?

Botok adalah kuliner yang cukup terkenal di Pulau Jawa. Botok biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Uniknya, botok ini dibuat menggunakan bahan utama bungkil atau ampas kelapa yang telah diambil sari atau santannnya. Jadi, benar-benar dibuat menggunakan parutan kelapanya saja.

Parutan kelapa ini dimanfaatkan karena masih memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Ampas kelapa ini kemudian dicampur menggunakan berbagai bumbu dan dimasak dengan cara dikukus. Jadilah sebuah makanan bercitarasa gurih dengan tekstur unik khas kelapa.

Bahan-bahan lain untuk membuat botok selain parutan kelapa adalah gula merah, santan, cabai rawit, garam, daun salam, serta bahan tambahan protein. Bumbu halus yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, lengkuas, ketumbar, kemiri, kunyit, kencur, dan daun jeruk. Semua bahan-bahan ini dicampur dan diaduk hingga rata, lalu dikukus.

Dulu, botok hanya dibuat menggunakan bumbu-bumbu sederhana dan ampas kelapa saja. Tapi, saat ini botok sudah jauh berkembang dengan mengombinasikannya bersama protein-protein. Kamu bisa menemui variasi botok seperti botok simbukan, botok ontong, botok kemangi, botok beluntas, botok lamtoro, botok tempe, botok tahu, botok ayam, botok hati ampela, botok ikan, dan lain-lain. Untuk memasak dengan bahan protein, biasanya akan dikukus dulu baru dicampurkan adonan.

Botok ini bisa dinikmati secara langsung maupun dibersamai dengan makanan lain, seperti nasi putih hangat. Selain itu, orang biasanya akan memadukan botok dengan beberapa sayur. Contohnya saja botok sangat lezat bila dinikmati dengan sayur asem.

Mencari botok bukanlah sesuatu yang sulit. Biasanya botok akan dijual di pasar tradisional dengan harga yang sangat tradisional. Namun, rasa dari botok sendiri terkadang akan disesuaikan dengan lidah dari setiap daerahnya.

Botok jadi salah satu makanan sederhana yang punya banyak sekali nutrisi. Kandungan didalamnya dapat memberikan energy bagi tubuh. Botok juga kaya serat sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Comments:

Leave a Reply

you may also like