Cantiknya Kotabaru Di Antara Padatnya Yogyakarta


Source: Pintrest

Kawasan Kotabaru kini menjadi salah satu destinasi wisata di Yogykarta yang semakin menarik perhatian. Kota Yogyakarta memang sedikit berbeda dengan kabupaten lain di DIY. Kota Yogyakarta lebih didominasi dengan suasana perkotaaan, dimana bangunan-bangunan menjulang tinggi berdiri. Meskipun demikian, Yogyakarta tetap punya sisi istimewa yang bisa digali. Seperti Kotabaru yang kini dikembangkan dalam berbagai sektor. 

Kotabaru memang nampak padat. Ketika memasuki area jalan rayanya, masih agak sepi, walaupun di kanan-kirinya sudah padat kendaraan. Kotabarupun rindang, beberapa pohon dibangun pada petak lahan yang disulap menjadi taman. Sehingga tidak perlu khawatir kepanasan ketika menjelajah Kotabaru.

Kotabaru memang begitu khas di Kota Yogyakarta. Kotabaru memiliki lingkungan yang masih kental akan nilai historis. Pasalnya, beberapa bangunan yang masih kokoh berdiri punya arsitektur Eropa. Mayoritas warna putih serta jendela-jendela yang besar bisa disaksikan di sepanjang kawasan Kotabaru. 

 Bukan hanya dari segi sejarahnya, sektor lainpun turut mengikuti. Seiring berjalannya waktu, Kotabaru tumbuh menjadi area yang begitu lengkap. Di samping bangunan-bangunan historis, dibangun pula pusat-pusat perbelanjaan, kuliner, dan kecantikan. 

Setidaknya ada 25 titik pusat perbelanjaan yang bisa ditemui di Kotabaru. Mulai dari pakaian, buku, dan barang-barang lain bisa ditemukan di sini. Kemudian beberapa titik kuliner bisa dicicip selama melintasi Kotabaru. Dan lagi, bukan tentang shoping, pusat kecantikan bisa ditemui pula di sini. 

Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri sudah menyiapkan event-event istimewa untuk membawa Kotabaru agar lebih dilirik oleh wisatawan. Contohnya sendiri adalah membangun trek atau jalur skuter listrik. Sebenarnya fasilitas ini sudah ada pada beberapa titik. Akan tetapi terkadang, pengguna skuter listrik ini tidak memenuhi aturan sebagaimana mestinya. Jadi, pemerintah berusaha untuk menertibkan skuter listrik ini sesuai trek. 

Kotabaru memang daerah yang spesial. Nilai historis dengan peninggalan bangunan cagar budayanya pantas menarik perhatian banyak orang. Terlebih dengan adanya proyek-proyek baru, membuat Kotabaru semakin cocok untuk dikunjungi ketika waktu luang.

Comments:

Leave a Reply

you may also like