Ghratama Pustaka, Lokasi Tongkrongan Pelajar di Yogyakarta


Source: Google Picture/Perpustakaan Ghratama Pustaka

Liburan semester bingung mau kemana? Yuk, coba kunjungi Perpustakaan Grhatama Pustaka!

Ghratama Pustaka adalah salah satu perpustakaan terbesar dan terlengkap di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sendiri ada di Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul. Saking besarnya, perpustakaan ini digadang-gadang menjadi yang paling besar di Asia Tenggara. 

Dari luar, perpustakaan ini nampak begitu megah. Ghratama Pustaka dibangun di atas tanah seluas 2,4 hektar dan diresmikan tanggal 21 Desember 2015 silam oleh gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwana X. Konon katanya, biaya untuk membangun tempat ini mencapai 72,5 milyar. 

Source: Google Picture/Handaru WJ

Terdiri dari 3 lantai, Ghratama Pustaka memiliki bentuk bangunan yang unik. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara tradisional dan modern. Banyak fasilitas yang diberikan oleh pengelola, seperti ruang baca, meja, kursi, hingga akses internet. 

Anda bia mencoba menikmati membaca buku di dalam ruangan atau di luar ruangan. Terdapat ruang baca yang didesain dengan taman. Ada juga ruangan semi-indoor yang bisa dimanfaatkan untuk membaca buku. Namun, perlu diperhatikan jika Anda memilih membaca secara outdoor, harus siap-siap diganggu dengan nyamuk. 

Source: Google Picture/Lia

Menjadi perpustakaan terbesar di DIY, banyak buku yang bisa dipilih oleh pengunjung. Beragam judul buku sudah dikelompokan sesuai jenisnya, terpajang rapi pada rak-rak yang tersedia. Mau buku lama ataupun cetakan baru bisa ditemukan di sini. Lebih mudah, Anda bisa mengakses buku-buku secara digital di Ghratama Pustaka. Jadi, sumber referensi akan semakin lengkap. 

Source: Google Picture/Vika Yoga

Tidak perlu khawatir, jika Anda ingin membawa anak kecil kemari. Terdapat fasilitas ruang eksplorasi yang menarik untuk anak, misalnya saja ruang musik, ruang dongeng, ruang koleksi, dan ruang pemuaran film. Jadi, bisa dibilang Ghrtama Pustaka sangat ramah untuk anak-anak. 

Grhatama Pustaka buma setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 3.30 sore, kecuali Jumat buka pukul 9 pagi. Banyak orang datang kemari, utamanya mahasiswa atau pelajar yang mencari referensi. Selain itu, koneksi internet dan tempat nyaman membuat Grhatama Pustaka menjadi lokasi nongkrong asyik pelajar.

Comments:

Leave a Reply

you may also like