Atasi Sariawan dengan 4 Bahan Sederhana yang Familiar di Rumah


Source: Freepik.com/stockking

Sariawan meruupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi di masyarakat. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tetapi rasa sakitnya bisa jadi sangat tidak nyaman karena dapat menghambat aktivitas makan atau minum. Rasa nyeri dan perih kerap dirasakan pada area mulut dan lidah. 

Penyebab sariawan ada beragam, contohnya saja akrena virus, jamur, alergi, imun yang menurun, cedera, maupun kekurangan nutrisi. Sariawan yang yang dirasa ringan bisa diatasi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemui. Beberapa diantaranya mungkin menjadi stok wajib di rumah, 

Apa saja bahan-bahan tersebut? Yuk, cari tahu di bawah!

Garam

Source: Unsplash.com/Jason Tuinstra

Bahan pertama yang bisa dimanfaatkan untuk meringankan sariawan adalah garam. Sering digunakan sebagai penambah citarasa pada makanan, garam ternyata memiliki kemampuan dalam mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Cara penggunaannya dengan melarutkan garam dan gunakan air garam untuk berkumur. Garam dipercaya sangat efektif mengurangi peradangan hingga mempercepat penyembuhan. 

Madu

Source: Unsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Selanjutnya, ada madu yang dikenal kaya akan antioksidan. Selain itu, madu bersifat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit, salah satu diantaranya adalah sariawan. Jenis madu yang paling disarankan adalah madu murni, yang belum mengalami proses pasteurisasi. Walaupun begitu, menggunakan madu kemasan tidak masalah, sebab harga madu murni memang terbilang cukup mahal. 

Sayur dan Buah

Source: Unsplash.com/Martha Dominguez de Gouveia

Kedua bahan ini adalah sumber nutrisi, diantaranya seperti vitamin, serat, mineral, dan lain-lain. Proses penyembuhan sariawan dapat dipercepat dengan memenuhi vitamin B, zinc, zat besi, serta folat. Jadi, makan buah dan sayur dengan cukup dapat membantu proses penyembuhan sariawan.

Air Putih

Source: Freepik.com

Setiap tubuh memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Ketika sariawan, disarankan untuk memperbanyak air putih. Hal tersebut disebabkan sariawan dapat meningkatkan risiko dehidrasi, sehingga mengonsumsi air mineral dengan cukup harus dilakukan agar sariawan bisa lekas sembuh.

Beberapa bahan di atas sudah tidak asing lagi. Untuk menemukannya juga tidak terlalu sulit. Bahan seperti madu, bisa dicari di apotek maupun swalayan terdekat. Sedangkan buah dan sayur, jika ingin yang masih fresh, bisa langsung datang di pasar pada pagi hari, saat mobil-mobil sayur sedang menurunkan barang dagangannya. Jika sariawan dirasa masih terasa setelah dilakukan tindakan sederhana menggunakan bahan-bahan di atas, segera bawa ke dokter sebelum bertambah parah atau menyebar. 

Comments:

Leave a Reply

you may also like