Citarasa Tempo Dulu dalam Sesuap Jenang Madu Sirat


Source: instagram.com/reren.indranila

Pernah makan jenang?

Jenang adalah sebuah hidangan yang terbuat dari olahan tepung ketan serta gula jawa. Tekstur dari jenang ini sendiri lumrahnya lengket dan warnanya cokelat. Sebab dibuat dari gula jawa, rasa yang ditimbulkan oleh jenang ini cenderung manis. Jenang sangat mudah ditemukan di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. 

Di lapangan sendiri, ada banyak jenis jenang dengan karateristiknya masing-masing. Misalnya jenanv madu sirat. Salah satu jenis jenang ini merupakan makanan khas dari area Kulon Progo.

Ada beberapa hal yang membedalan jenang madu sirat dengan jenang-jenang lain. Dari namanya sudah terlihat, bahwa jenang madu sirat akan memiliki rasa manis. Namun, jenang madu sirat juga memberikan citarasa gurih yang akan memanjalan lidah.

Sama seperti jenang pada umumnya, bahan baku jenang madu sirat sendiri adalah tepung ketan dan gula jawa. Tapi, dalam pembuatannya turut dimasukkan parutan kelapa dan santan. Adanya kelapa dan santan memberikan citarasa gurih tersendiri bagi jenang madu sirat. Tekstur yang diberikan juga cenderung tidak lengket.

Jenang madu sirat ini dibuat oleh Ibu Hadiwiyono yang rumahnya terletak di timur Pasar Wates, Kulon Progo. Proses pembuatan jenanh madu sirat ini cukup sulit dan prosesnya masih tradisional. Sehingga, rasanya memang akan terus terjaga. 

Jenang madu sirat ini kini produksinya sudah tidak sebanyak pada waktu lalu. Dulu, memang makanan ini menjadi salah sati favorit masyarakat. Namun, agaknya zaman berkembang jenang madu sirat mulai tersisihkan pula. Meskipun begitu, proses produksinya masih berjalan sampai sekarang. 

Kamu bisa menemulan jenang ini di toko oleh-oleh area Wates dan sekitarnya maupun di rumah produksi secara langsung. Jenang madu sirat memiliki masa simpan sekitar 3 bulan. Jadi, tidak heran kalau jenang madu sirat cocok bila dibawa sebagao bauh tangan atau oleh-oleh.

Comments:

Leave a Reply

you may also like