Nasi Liwet Wongso Lemu, Kuliner Malam Solo yang Bikin Rindu


Source: Google Picture/Rudyanto A. Wibisono

Kota Solo dikenal menjadi Kota Batik serta Kota Budaya. Di sektor lain, kota yang berada di Jawa Tengah ini turut memiliki ragam kuliner menarik serta legendaris. Salah satu diantaranya ialah Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Nasi liwet merupakan makanan sederhana yang punya ribuan penggemar. Mungkin, cukup mudah untuk menemukan nasi liwet di berbagai daerah. Walaupun demikian, nasi liwet milik Bu Wongso Lemu tetap menjadi sorotan tersendiri bagi khalayak umum.

Source: Google Picture/tika

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu termasuk pionir di Kota Solo. Kedai sederhananya berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon. Berdiri sejak tahun 1950, tentunya nasi liwet ini memiliki banyak pelanggan tetap. Bukan hanya masyrakat biasa, tetapi ada pejabat dan selebriti tanah air.

Sebenarnya, nasi liwet tersebut dulu berada di pojok Jalan Slamet Riyadi. Pendirinya adalah Bu Karyo, yaitu orang tua dari Bu Wongso. Namun, seiring berjalannya waktu, kedai nasi liwet ini lebih dikenal sebagai Nasi Liwet Bu Wongso Lemu.

Source: Google Picture/Harry Susanto

Citarasa dari nasi liwet di sini begitu berbeda, menimbulkan efek yang tidak terlupa. Rasa gurihnya melekat di lidah, membuat siapapun ingin terus nambah. Dibarengi dengan aneka lauk, nasi liwet akan semakin nikmat. Beberapa lauk yang bisa dipilih yaitu suwiran ayam, sayur labu siam, telur, dan areh. Tidak ketinggalan ingkung, dada, paha, sayap, ceker, juga ampela ati bisa diajak untuk bergabung pada seporsi nasi liwet yang dipincuk menggunakan daun pisang.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu jadi salah satu kuliner malam yang selalu dicari. Buka sejak pukul 6 sore, pengunjung bisa datang hingga pukul 12 malam. Sedangkan harga seporsinya sendiri mulai dari angka Rp 19.000. Tetapi, tenang saja karena rasanya tidak akan mengecewakan, berbanding lurus dengan harganya. 

Comments:

Leave a Reply

you may also like