Tengkleng Klewer Bu Edi, Kuliner Melegenda di Kota Solo


Source: Google Picture/Nora Y

Satu lagi menu legendaris datang dari Kota Solo. Tengkleng Klewer Bu Edi yang sudah dirintis puluhan tahun lalu kini masih berdiri. Rasanya tidak pernah berubah dan sekarang seolah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Solo. 

Bermula dari ibunda Bu Edi yang memulai usaha tengklengnya sekitar tahun 40-an. Saat itu penjajakan tengkleng dilakukan dengan cara berkeliling. Baru tahun 1971, Bu Edi mengambil tempat tetap di Pasar Klewer. Dan berpindah sekitar 400 meter setelah adanya insiden kebakaran Pasar Klewer 2014 lalu. 

Tengkleng Bu Edi ini sangatlah unik dan berbeda dari yang lain. Resep turun temurunnya berhasil dijaga dengan baik hingga generasi ketiga. Ciri khas tengkleng di sini ialah kuahnya yang encer serta tidak dicampur santan. Sejak dulu memang tampilannya seperti ini.

Source: Google Picture/Arif Budhi Setyati

Waktu berlalu begitu cepat. Namun, rasa dan kulitas olahan kambing di sini tidak berubah. Harga satu porsinya mungkin memamg cukup mahal. Dulu, hanya dihargai Rp 50 pada generasi pertama. Sedangkan sekarang, harganya untuk satu porsi mencapai Rp 50.000. Eits, jangan khawatir. Harga dan rasa sepadan, sama besarnya. 

Tengkel Klewer Bu Edi ini sudah terkenal higga ke luar daerah. Pengunjungnya juga berasal dari berbagai daerah. Sebut saja Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain. Jadi, memang sudah diakui bahwa Tengkleng Klewer Bu Edi adalah legenda olahan kambing yang wajib dicicip ketika mampir ke Kota Solo.

Comments:

Leave a Reply

you may also like