Berkunjung ke Umbul Cokro, Umbul Terjernih di Klaten, Jawa Tengah


Source: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Apakah Anda tahu tentang Umbul Cokro?

Umbul Cokro merupakan salah satu lokasi wisata umbul di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini digadang-gadang menjadi umbul dengan air terjernih di wilayah tersebut. Di samping itu, Umbul Cokro juga memiliki suasana damai, tenang, dan sejuk. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi untuk menghabiskan akhir pekan. Lokasinya ada di Jurang Jero, Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Mulanya, Umbul Cokro hanya dipakai oleh masyarakat sekitar. Airnya yang jernih kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, pada zaman dulu, umbul ini sering juga dijadikan tempat kungkum atau berendam dari tengah malam sampai dini hari. Aktivitas tersebut merupakan tradisi yang dilakukan oleh beberapa orang. Padahal saat itu, kondisinya masih begitu alami, belum ditata dan dikelola seperti sekarang.

Source: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Maraknya pembukaan umbul sebagai tempat wisata, Umbul Cokro tentunya sangat berpotensi. Akhirnya, pemerintah desa mulai mengelolanya. Umbul Cokro direnovasi serta diberikan sentuhan-sentuhan lain di setiap sudutnya. Singkatnya, Umbul Cokro mulai dikembangkan menjadi tempat wisata yang nyaman untuk masyarakat.

Untuk masuk ke Umbul Cokro, pengunjung harus menyiapkan kocek Rp 15.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir yang bisa dibilang murah, hanya berkisar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 saja, tergantung jenis kendaraan yang dibawa. Tidak sulit untuk menemukan Umbul Cokro. Lokasinya sudah bisa ditemukan di peta online. Anda bisa datang sejak pagi pukul 8.00 sampai sore pukul 17.00

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Umbul Cokro. Anda bisa berenang, outbound, tubing, maupun berendam pada kolam alami yang tersedia. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner, berbelanja oleh-oleh, dan menikmati suasana santai di sana. Jadi disarankan untuk Anda membawa uang lebih dan pakaian ganti.

Comments:

Leave a Reply

you may also like