Kenali Pemanasan untuk Olahraga yang Lebih Optimal


Source: Unsplash.com/Sam Owoyemi

Pemanasan menjadi poin yang penting sebelum berolahraga. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikan pemansan. Sebagian orang menganggap bahwa tubuh bisa langsung diajak bergerak tanpa harus melakukan pemanasan. Padahal, olahraga dan bergerak seperti biasa merupakan dua aktivitas berbeda. Tentunya olahraga lebih berat dan memiliki risiko yang lebih tinggi.

Tujuan utama dari melakukan pemanasan yaitu menyiapkan tubuh agar tidak kaget ketika diajak beraktivitas fisik dengan berat. Pemanasan akan membuat otot-otot lebih lemas dan siap. Jika tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu, tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan cedera atau kram.

Kegiatan pemanasan bisa dilakukan 5-10 menit sebelum memulai olahraga. Namun, apabila kamu ingin melakukan pemanasan lebih lamapun tidak masalah ketika diperlukan. Kegiatan pemanasan meliputi aktivitas-aktivitas ringan, seperti jumping jack, jogging, maupun lompat tali.

Gerakan pada pemanasan dapat meningkatkan suhu tubuh serta alirah darah menuju otot. Di samping itu, pemansan mampu meningkatkan detak jantung, sirkulas darah, dan suhu tubuh secara bertahap. Kondisi ini akan membuat oto menjadi lebih elastis, sehingga aktivitas olahraga lebih optimal dan meminimalisir terjadinya cedera.

Melakukan gerakan pemanasan memang tidak terlalu sulit. Dikutip dari National Health Service, beberapa gerakan direkomendasikan, diantaranya berjalan di tempat, heel digs, mengangkat luttut, memutar bahu, dan menekuk lutut. Kamu bisa mengombinasikan setiap gerakan dengan rentang waktu tertentu.

Aktivitas pemanasan sedikit perbeda dengan peregangan. Tujuan dari peregangan atau stretching adalah meregangkan otot, sehingga mengurangi kekakuan maupun meningkatkan kelentutan otot. Peregangan bisa dilakukan setidknya 3 kali dalam seminggu. Selain itu, peregangan bisa dilakukan setelah atau sebelum olahraga. Namun, sebelum melakukan peregangan pastikan dulu untuk melakukan pemanasan paling tidak 5-10 menit saja.

Comments:

Leave a Reply

you may also like