Waspada Gejala Clinomania, Obsesi Tidur Penyebab Penyakit Tertentu


Source: Pinterest

Sobat Glamours pernahkah merasa capek dan ingin tertidur seharian? Bahkan tidak melakukan aktivitas dan berbaring di tempat tidur sendirian? Jika Anda mengalaminya, kemungkinan hal ini merupakan kondisi kecanduan tempat tidur yang dinamakan clinomania. Clinomania ini adalah kondisi saat seseorang terobsesi untuk tidur dan menghabiskan waktu di tempat tidur yang umumnya tidak didasari oleh kondisi kesehatan khusus.


Ciri pasti dari clinomania adalah merasa cemas saat meninggalkan tempat tidur dan jadi terobsesi untuk berada di tempat tidur seharian penuh, entah itu untuk tidur atau melakukan kegiatan lain, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala clinomania. Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, clinomania dan dysania sering dikaitkan dengan beberapa kondisi berikut:


Depresi dan hilangnya motivasi

Source: Pinterest

Salah satu kondisi yang paling sering dikaitkan dengan clinomania adalah depresi. Saat mengalami depresi, seseorang bisa kehilangan minat pada hal-hal yang sebelumnya disukai, sulit tidur atau justru sebaliknya tidur lebih lama, dan lebih suka menyendiri, termasuk terlihat seperti terobsesi dengan tidur dan tempat tidur


Gangguan cemas

Gangguan Kecemasan: Jenis, Gejala, dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Source: Pinterest

Saat seseorang mengalami gangguan cemas, seseorang bisa jadi takut dan resah jika ia harus keluar dari zona nyamannya. Nah, terobsesi dengan tidur dan tempat tidur serta merasa cemas dan takut saat harus beraktivitas juga bisa terjadi pada penderita gangguan cemas.


Gangguan tidur


Source: Pinterest

Saat seseorang mengalami gangguan tidur, misalnya sulit tidur atau insomnia dan akhirnya pulih, bisa saja ia jadi terobsesi dengan tidur dan tempat tidurnya. Hal ini karena pengalaman sulit tidur yang dialami sebelumnya membuatnya jadi lebih malas untuk tidur dan beraktivitas di luar tempat tidur.


Sindrom kelelahan kronis

Tubuh Cepat Lelah, Waspada Berbagai Penyakit Berikut Ini - Alodokter

Source: Pinterest

Sindrom kelelahan kronis juga bisa menjadi pemicu clinomania. Kondisi ini terjadi saat kamu merasa sangat lelah, tetapi tidak membaik meski sudah beristirahat. Karena rasa lelah dirasa terus-menerus, kamu jadi lebih ingin menghabiskan waktu di tempat tidur atau terkesan “tidak bisa lepas dari tempat tidur”.


Seseorang dengan kondisi-kondisi tersebut umumnya sering menghabiskan waktu ekstra di tempat tidur karena merasa lebih nyaman berada di tempat tidur. Sobat Glamours harus waspada dan hati-hati terhadap diri sendiri!


Comments:

Leave a Reply

you may also like