Tips Dapatkan Pola Buka Puasa Sehat, Yuk Terapkan Sekarang!


Source: Pinterest

Saat berpuasa tubuh kita perlu beradaptasi kembali dengan kebiasaan baru. Salah satunya dengan melaksanakan sahur di pagi hari dan berbuka di malam hari. Meski demikian ada beberapa orang yang gagal melakukannya, sehingga berujung sakit. Untuk mencegah hal tersebut Anda perlu membuat pola berbuka puasa sehat untuk tetap menjaga stamina di kala puasa berlangsung.


Apa saja menu dan pola buka puasa yang sehat? yuk Sobat Glamours, simak ulasan di berikut ini!


Minum cukup air putih

Source: Pinterest

Cukupi kebutuhan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari untuk membuat Anda tetap segar dan terhidrasi selama beraktivitas sambil berpuasa di siang hari. Air putih dapat diminum dari buka puasa hingga waktu sahur. Karena, tidak makan dan minum sejak matahari terbit hingga tenggelam membuat tubuh kita berisiko mengalami dehidrasi.


Perhatikan cara mengolah makanan


Source: Pinterest

Konsumsilah makanan buka puasa sehat yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus, bukan digoreng. Jika Anda terpaksa harus menggoreng, gunakan jenis minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Hal tersebut dapat membantu mengurangi resiko sakit tenggorokan.


Mengkonsumsi menu seimbang


Source: Pinterest

Yang dimaksud dengan menu seimbang adalah memvariasikan jenis santapan yang dikonsumsi. Menu santapan buka puasa yang sehat sebaiknya mengandung semua kelompok makanan utama, seperti:

  1. Buah-buahan
  2. Sayur-sayuran
  3. Protein dari daging, ayam, telur, ikan, atau tahu
  4. Karbohidrat kompleks dalam bentuk makanan pokok
  5. Produk olahan susu


Cukupi konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran dan buah, terutama saat sahur, agar Anda merasa kenyang lebih lama dan tahan berpuasa hingga sore hari.


Tidak makan berlebihan


Source: Pinterest

Buka puasa bukan berarti Anda boleh “balas dendam” dengan menyantap segala macam makanan yang ada. Makan berlebihan tidak baik bagi tubuh. Untuk mengawali buka puasa yang sehat, mulailah dengan menyantap beberapa buah kurma dan minum jus buah asli untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Itulah beberapa tips dan pola makan sehat saat berbuka. Untuk Sobat Glamours selamat menunaikan ibadah puasa!


Comments:

Leave a Reply

you may also like