Yuk, Kenali 4 Jenis Kain Anti Luntur untuk Sehari-hari!


Source: Pinterest

Kain adalah bahan baku untuk membuat berbagai pakaian. Dalam pemilihan pakaian, model bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan, melainkan jenis kainpun turut diperhitungkan. Pasalnya, beberapa jenis kain bisa luntur bila dicuci. Jika dicuci bersamaan dengan pakaian lain, tidak menutup kemungkinan bahwa pakaian lain bisa tercampur warna kain yang luntur.

Ada banyak jenis kain yang bereadar di masyarakat. Beberapa diantaranya cukup awet dan tidak mudah luntur. Hal ini perlu diketahui agar lebih waspada dalam memilih pakaian.

Yuk, intip di bawah!

Katun

Source: Pinterest

Bahan katun menjadi salahsatu yang kerap digunakan. Alasan penggunaan katun ialah dapat menyerap keringat, tidka mudah kusut, serta memiliki serat yang kuat. Di sisi lain, warna pada kain katun tidak akan mudah luntur. Oleh karena itu, banyak produsen pakaian memilih katun sebagai bahan baku utama produknya.

Nilon

Source: Pinterest

Hampir sama dengan katun, kain nilon cukup awet bila digunakan. Namun, penggunaan nilon biasanya akan dicampur dengan serat kain lain agar lebih berat. Kain nilon juga menjadi satu diantara beberapa jenis kain yang tidak mudah luntur.

Linen


Source: Pinterest

Kain linen memang bisa dibilang tidak mudah luntur. Akan tetapi, tekstur dari kain ini cukup keras. Hal tersebut menyebabkan linen mudah kusut ketika digunakan. Warnanyapun bisa lekas pudar bila tidak dirawat dengan benar.

Wol

Source: Pinterest

Pakaian berbahan wol biasanya akan digunakan pada musim dingin. Banyak jenis pakaian yang terbuat dari wol, seperti sweater. Selain hangat, wol juga merupakan jenis kain yang tidak mudah luntur ataupun pudar. Wol cendering lebih fleksibel dan nyaman untuk digunakan.

Itu dia beberapa kain yang tidak mudah luntur. Pakaian dengan bahan-bahan di atas bisa dicuci bersamaan dengan pakaian lain karena warnanya tidak mudah pudar. Tetapi, kain-kain tersebut juga harus mendapatkan perawatan yang benar pula agar awet.

Comments:

Leave a Reply

you may also like