Kenali Ochazuke, Kuliner Unik dengan Kuah Ocha


Source: Pinterest

Pernah dengar tentang ochazuke?

Kuliner Jepang memang terbilang unik. Selain terkenal akan sushi dengan olahan daging mentah dan nasi, ada ochazuke, yaitu kombinasi nasi yang disiram menggunakan teh hijau. Meskipun terbilang ekstrim, tetapi kuliner ini punya citarasa khas dan cocok sekali dikonsumsi saat musim dingin atau tidak enak badan.

Sesuai dengan namanya, membuat ochazuke tidaklah sulit. Cukup panaskan saja teh hijau, lalu tuangkan pada nasi yang dingin. Tambahkan toping sesuai seler dan ochazuke siap dikonsumsi hingga tandas.

Tekstur nasi yang disiram menggunakan kuah teh cenderung mirip dengan bubur. Sensasi hangatnya mampu melegakan pencernaan. Namun, memang disarankan untuk menggunakan toping yang punya citarasa agak berani, seperti asin dan gutih. Hal ini disebabkan rasa ochazuke cenderung hambar, sehingga perlu penyeimbang.

Mulanya, ochazuke disajikan bersama acar. Tetapi, setelah zaman mengalami kemajuan, lauk yang digunakan kinan beragmam. Ochazuke bisa dikonsumsi bersama protein, sayur, dan lain-lain. Tinggal sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing.

Saat ini, ochazuke tidak melulu disajikan menggunakan ocha saja. Ada teh-teh lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat ochazuke, misalnya saja sencha, genmaicha, hojicha, dan bancha. Ada juga yang menyajikannya dengan dashi atau kaldu.

Ochazuke sendiri merupakan budaya yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu,. Dulu, masyarakat Jepang pada umumnya hanya masak nasi sehari sekali. Oleh karena itu, untuk menghangatkan nasi, mereka menuangkan air panas. Lambat laun, setelah teh hijau mudah untuk didapatkan, air panas akhirnya diganti hingga sekarang.

Ochazuke dianggap sebagai metode untuk mengurangi pembuangan makanan sisa. Nasi yang dingin tidak akan dibuang sia-sia karena bisa dihangatkan menggunakan teh atau air panas. Selain itu, pembuatan ochazuke tidaklah rumit dan memakan waktu lama, jadi lebih memudahkan untuk dinikmati.

Comments:

Leave a Reply

you may also like