Ketahui Perbedaan Duo Kombo Kuliner Manis, Es Krim dan Gelato


Source: Pexels.com/Jean Balzan

Es krim dan gelato merupakan dua kuliner yang sering kali dianggap sama. Padahal, keduanya punya perbedaan dari beberapa aspek, walaupun memang bentuknya mirip. Selain sama-sama hidangan dingin, ada hal-hal tertentu yang mampu membedakan antara es krim maupu gelato. 

Apa saja, sih, bedanya?

Lemak

Source: Pexels.com/Lukas

Perbedaan pertama yang mencolok antara es krim juga gelato adalah lemak. Es krim diketahui lebih banyak mengandung lemak. Hal ini disebabkan es krim terbuat dari telur kuning dalam jumlah besar. Di sisi lain, gelato memiliki sedikit lemak. Jadi, bisa disimpulkan bahwa gelato jauh lebih sehat untuk konsumsi harian. 

Susu serta Udara

Source: Pexels.com/David Disponett

Berikutnya, cara untuk membedakan es krim serta gelato terletak pada kandungan susu dan udara. Gelato diproduksi menggunakan banyak susu, sehingga teksturnya lembut atau milky. Sedangkan es krim memanfaatkan udara dalam pembuatannya. Tekstur lembut pada es krim timbul tergantung adari seberapa besar mengembangnya. 

Rasa

Source: Pexels.com/Roman Odintsov

Ditinjau dari segi rasa, gelato punya rasa yang pekat, kuat, juga menyegarkan. Citarasa kuat in berasa dari proses pembuatan gelato yang masih menggunakan bahan-bahan alami. Berbanding terbalik dengan es krim yang rasanya lebih light. Hal ini dikarenakan es krim masih menggunakan perasa buatan agar rasanya tetap bertahan lebih lama. 

Masa Penyimpanan


Source: Pexels.com/Jil Wellington

Selanjutnya, kedua kuliner manis dan dingin ini bisa dibedakan jadi masa penyimpanan. Es krim dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, pembuatan es krim bisa dilakukan dalam jumlah yang besar. Lain dengan gelato yang hanya mampu bertahan kurang lebih 2 hari saja, sehingga pembuatannya hanya bisa dilakukan dalam skala kecil atau harian saja.

Penyajian

Source: Pexels.com/Avichal Lodhi

Es krim dan gelato ternyata memiliki perbedaan dalam hal penyajian. Es krim bisa disajikan pada suhu dibawah -18 derajat. Cara mengambilnyapun bisa dilakukan secara bersama menggunakan satu scoop yang sama. Lalu, untuk gelato bisa disajikan pada suhu 12-14 derajat dan harus menggunakan satu sendok untuk setiap rasa atau tidak boleh dicampur.

Nah, itu dia beberapa perbedaan yang bisa diketahui dari es krim dan gelato. Walaupun keduanya tampak mirip, baik es krim maupun gelato memiliki proses, bahan baku, hingga penyajian yang berbeda. Jika masih sulit, tidak perlu khawatir karena terkadang kedai-kedai yang menyajikan kedua menu ini akan memberikan keterangan es krim atau gelato.

Comments:

Leave a Reply

you may also like