Cepat Tanggap! Atasi Luka Bakar Ringan di Rumah


Source: Freepik/storyset

Apakah Anda pernah mengalami luka akibat cipratan minyak panas atau air panas?

Kemudian, apa tindakan Anda saat mengalami kejadian tersebut?

Area kulit yang terkena cipratan minyak atau air panas ini nanti akan timbul luka bakar ringan. Meskipun tingkatannya masih rendah, tentu luka bakar tersebut memberikan rasa perih dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pertolongan pertama di rumah setelah mengalaminya.

Ketika Anda mendapatkan luka bakar ringan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu membasuh menggunakan air mengalir. Kebanyakan orang justru memilih opsi pasta gigi karena dianggap dingin dan mampu meredakan rasa perih. Sebaliknya, sebenarnya pasta gigi justru membuat luka bakar menjadi lebih parah pada akhirnya.

Fungsi dari air sebagai pereda rasa nyeri atau panas. Anda bisa membiarkan tangan tersiram air hingga rasa sakitnya mereda. Atau bila tidak ada air yang mengalir, Anda dapat menggunakan kompres. Ingat, gunakanlah air dan jangan es batu.

Setelah luka dibasuh, langkah selanjutnya mengobati. Anda dapat memilih untuk menggunakan petroleum jelly atau gel lidah buaya. Fungsi dari bahan ini agar luka yang diderita terasa sejuk. Baru tutup menggunakan kain bersih atau perban bila diperlukan. Hindari penggunaan minyak, lotion, atau krim yang memiliki wewangian di sekitar luka bakar.

Luka bakar ringan memang tampak sepele. Namun, luka bakar tetaplah luka bakar yang harus segera ditangani. Berhubung luka bakar ringan bisa diatasi secara sederhana di rumah, jangan tunda-tunda bila masih sempat. Penanganan juga harus dilakukan secara tepat agar luka tidak semakin parah.

Comments:

Leave a Reply

you may also like