Ibu Muda Yuk Mulai Kenali Tanda Awal Kehamilan Dan Perawatannya!


Setiap ibu muda yang memulai program kehamilan pastinya akan dilanda beberapa kegalauan. Pasalnya ibu muda masih minim sekali ilmu tentang kehamilan, berikut ini merupakan pengenalan singkat tanda awal kehamilan dan cara merawatnya. Sobat Glamours yang tengah merasakannya bisa langsung kepoin beritanya disini ya!


Dikutip dari Halodok, kehamilan adalah salah satu kondisi yang digunakan untuk menggambarkan periode saat janin berkembang dalam rahim. Biasanya, proses kehamilan berlangsung selama 40 minggu atau lebih dari sembilan bulan. Pada kehamilan terdapat beberapa trimester yang akan dijalani.


  1. Trimester pertama (1 hingga 12 minggu). Secara fisik perubahan pada ibu belum jelas terlihat, tetapi pastinya terjadi perubahan besar dalam tubuh ibu, seperti kadar hormon yang berubah secara signifikan. Usahakan untuk mempertahankan pola makan sehat, termasuk menambahkan jumlah asam folat yang cukup untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.
  2. Trimester Kedua (13 hingga 28 minggu). Trimester ini periode paling nyaman bagi mayoritas ibu hamil. Sebagian besar gejala kehamilan awal seperti morning sickness akan menghilang. Perut juga akan mulai terlihat membesar kemudian Anda akan dianjurkan untuk screening secara medis.
  3. Trimester Ketiga (29 hingga 40 minggu). Trimester ketiga berlangsung dari minggu ke-28 kehamilan sampai masa kelahiran bayi. Pada trimester ketiga, janin sudah bisa membuka, menutup mata, dan menghisap jempolnya. Janin bisa menendang, merenggangkan badan, dan merespon cahaya.

Hamil 6 Bulan: Perkembangan Janin dan Gejalanya Halaman all - Kompas.com

Source: Pinterest

Agar Sobat Glamours memiliki kehamilan yang dapat berjalan dengan lancar hingga persalinan, sebaiknya lakukan berbagai perawatan, seperti:


  • Mengonsumsi berbagai makanan sehat.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin kehamilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin.
  • Menghindari konsumsi makanan mentah atau yang diolah secara tidak matang.
  • Jangan merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Aktif bergerak atau berolahraga.
  • Penuhi kebutuhan istirahat.
  • Kelola stres dengan baik.


Itulah beberapa tips dan informasi singkat kehamilan untuk ibu muda. Jangan lupa untuk menjalankan tipsnya dan berkonsultasi langsung pada dokter. Selamat mencoba!


Comments:

Leave a Reply

you may also like