Cerahkan Kulit dengan Kafein dalam Scrub Kopi


Source: Pexels.com/Dominika Roseclay

Tidak hanya dikonsumsi saja, manfaat kopi bisa dirasakan dengan menggunakan langsung. Tekstur kopi menjadi butiran-butiran halus yang bisa diaplikasikan menjadi scrub. Baik itu membuat sendiri atau menggunakan produk dengan kandungan kopi, manfaat yang diberikan akan sama.

Perlu diketahui bahwa kopi dapat menyamarkan seleluit pada kulit. Selulit adalah ceruk pada kulit yang bermula dari jaringan lemak menekan jaringan kulit ke permukaan.  Selain itu, kopi dapat membantu untuk menyamarkan mata panda, membuat kulit kencang, dan menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidannya.

Saat ini, memang sudah ada puluhan produk dengan kandungan kopi di dalamnya. Namun, bila ingin meraciknya sendiripun bukanlah suatu hal yang sulit. Dalam pembuatan scrub dari kopi, usahakan gunakan minyak esensial agar teksturnya tidak terlalu kasar.

Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan diantaranya ada secangkir kopi, ½ cangkir gula palem atau garam laut, dan secangkir minyak esensial. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Setelah itu, baru balurkan scrub ke seluruh tubuh sambil dipijat ataupun digosok. Diamkan beberapa saat sebelum akhirnya diguyur menggunakan air bersih.

Penggunaan minyak esensial dalam racikan scrub kopi sebenarnya tidak boleh sembarangan. Pilihlah minyak esensial yang kamu butuhkan manfaatnya. Banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan seperti minyak biji anggur, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kanola, dan lain-lain.

Scrub kopi ini bisa diaplikasikan ke tubuh dua kali dalam seminggu. Kopi yang digunakan juga usahakan dari biji kopi segar dengan jenis robusta. Alasannya, kopi jenis robusta diketahui punya kandungan kafein dua kali lebih banyak daripada arabika.

Comments:

Leave a Reply

you may also like