4 Langkah Mudah untuk Telinga Sehat dari Bahaya Headset atau Earphone


Source: Unsplash.com/Vitaly Gariev

Headset atau earphone, merupakan dua perangkat yang melekat pada kehidupan di era masa kini. Hampir setiap kegiatan, seseorang akan menggunakan kedua device tersebut, entah karena butuh konsentrasi saat melakukan panggilan, mengusir rasa bosan, atau hanya mendengarkan podcast dari sosial media. Penggunaannya sederhana dan dapat meminimalisir gangguan dari lingkungan sekitar. 

Demikian manfaat yang diberikan headset atau earphone, tidak dianjurkan untuk menggunakannya secara sering dan berlebihan. Penggunaan yang tidak dikontrol akan berdampak buruk bagi kesehatan karena alat itu dapat menjadi tempat terbaik untuk berkembangnya kuman serta bakteri. Jadi, tidak menutup kemungkinan infeksi bisa terjadi akibat pemakaian device yang berebihan. Oleh karena itu, pemanfaatan headset maupun earphone harus diimbangi dengan langkah-langkah sederhana, seperti yang ada di bawah ini. 

Yuk, simak caranya!

Rutin Membersihkan Telinga

Source: Unsplash.com/Jessica Flavia

Pertama, kalau Anda sering menggunakan headset atau earphone, artinya Anda harus membersihkan telinga secara rutin dan teliti. Hal ini dikarenakan menggunakan device tersebut dapat menghambat keluarnya kotoran dari telinga. Kotoran yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan infeksi. 

Pembersihan telinga bisa dilakukan pada area dalam dan luar. Untuk bagian luar, Anda bisa menggunakan cotton bud atau lap basah. Namun, jangan sampai cotton bud masuk ke bagian telinga dalam. Solusi lainnya yaitu menggunakan obat tetes atau bay oil agar kotoran lebih mudah dikeluarkan. 

Batasi Penggunaan

Source: Unsplash.com/Henry Be

Selanjutnya, agak telinga tetap sehat, batasi penggunaan headset atau earphone. Penggunaan yang over akan meningkatkan risiko infeksi pada telinga. Selain itu, volume yang terlalu keras dapat merusak genda telinga. Batasi penggunaan dan pengaturan suara, yaitu tidak boleh lebih dari 60%. 

Bersihkan Perangkat

Source: Unsplash.com/Yogesh Phuyal 

Tidak hanya kebersihan telinga, kebersihan perangkat yang digunakan juga menjadi perhatian. Perangkat seperti headset atau earphone yang langsung masuk ke telinga harus dibersihkan secara berkala, misalnya seminggu sekali. Perangkat bisa dibersihkan menggunakan lap, air, sabun, dan sikat. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak komponen dari perangkat itu sendiri. Sebab, percuma juga jika telinga bersih kalau alat yang digunakan kotor. 

Perhatikan Tempat Penyimpanan


Source: Unsplash.com/Juja Han

Earphone terkadang berukuran kecil dan bisa disimpan dimana saja. Namun, Anda harus memastikan bahwa tempat untuk menyimpan eaphone merupakan tempat bersih yang bebas dari kuman maupun bakteri. Selain itu, jangan sering meminjamkan earphone pada orang lain agar perpindahan kuman, bakteri, atau virus tidak terjadi secara menyebar. 

Beberapa hal di atas adalah tips cara menjaga kesehatan telinga yang sering menggunakan perangkat untuk telinga. Kelihatannya remeh, tapi dari langkah tersebut, Anda bisa meminimalisir terjadinya infeksi pada telinga. Oleh karena itu, mari perlahan lakukan kegiatan baik di agar telinga tetap terjaga kesehatannya. 

Comments:

Leave a Reply

you may also like