Semangkuk Soto Bathok Wulung Saat Singgah di Kulon Progo


Source: Google Picture/nessa 13

Jalan-jalan ke Kulon Progo rasanya tidak akan lengkap tanpa mencicip kulinernya. Bukan hanya kaya akan lokasi wisata menarik, kabupaten yang terletak di barat Sungai Progo ini tentunya memiliki beragam kuliner lezat yang akan sayang kalau hnya dilihat saja. Salah satunya adalah Soto Bathok Wulung.

Kuliner soto memang menjadi satu hal yang merakyat di setiap daerah. Namun, pastinya setiap dapur punya formula sendiri, membuat rasanya berbeda ketika sudah masuk ke mulut. Soto Bathok Wulung hadir menyemarakan khasanah per-soto-an di Kulon Progo.

Soto yang berada di Kapanewon Pengasih ini selalu ramai setiap hari. Lokasinya memang cukup strategis karena berada di pinggir jalan besar serta dekat dengan Universitas Negeri Yogyakarta juga beberapa sekolah lain. Jadi, bisa dibilang Soto Bathok Wulung mudah sekali untuk ditemukan, walaupun tempatnya tidak terlalu besar.

Source: Google Picture/Novalia Annisa R

Ciri khas dari soto di sini adalah penyajiannya menggunakan batok kelapa sebagai alas. Batok kelapa yang cekung itu memang dapat dimanfaatkan sebagai mangkuk. Hal tersebut membuat tampilan soto di sini terlihat lebih menarik  serta estetik.

Ada tiga jenis soto yang ditawarkn di sini, yaitu soto ayam kampung, soto ayam negeri, dan soto sapi. Ketiganya memiliki rasa yang lezat. Potongan daging dan komponen lainnya terasa pas, tidak berlebihan. Rempah-rempahnya terasa membuat lidah akan semangat untuk menyeruput kuah soto terus menerus.

Dulu penyajian side dish akan diantar bersama soto dalam sebuah piring. Namun, saat ini pengunjung bisa langsung memesan di resepsionis untuk side dish apa saja yng ingin disajikan di meja nanti. Hal ini meminimalisir agar makanan yang tersisa tidak terbuang sia-sia. Side dish yang bisa dipesan meiputi gorengan, sate-satean, juga kerupuk. 

Source: Google Picture/Pupus Ultra

Harga soto dibanderol mulai dari Rp 8.000. Pengunjung bisa memilih soto campur ataupun soto pisah. Porsi soto pisah lebih banyak daripada soto campur karena nasi serta soto dipisah, sehingga isiannya akan jauh lebih banyak. Harganyapun ada sedikit perbedaan, walaupun begitu tetap terjangkau di kantong. 

Setiap harinya, Soto Bathok Wulung selalu kebanjiran pengunjung. Area parkirnya yang luas bahkan mampu menampung bus wisata. Tempatnya juga luas dengan pemandangan persawahan. Jadi, sambil menikmati kelezatan soto, semilir angin akan menemani.

Comments:

Leave a Reply

you may also like