Kulik Rahasia Kulit Cantik dari Lulur Kuning Jawa


Source: Pinterest

Banyak yang mengatakan bahwa putri dari kerjaan memiliki kulit halus, cerah, dan sehat. Tentunya terdapat kunci yang menjadi rahasia cantiknya para putri kerajaan inii. Sudah ada sejak dulu, kecantikan kulit putri kraton terdapat pada berbagai produk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satu contoh dari produk yang digunakan adalah lulur kuning Jawa.

Lulur merupakan produk yang biasanya digunakan untuk eksfoliasi. Lulur memiliki scrub dan bisa diolah dari berbagai bahan, termasuk kunyit. Rempah-rempah berwarna kuning ini sudah dimanfaatkan dari dulu oleh perempuan-perempuan Jawa untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain kunyit, lulur kuning ini dibuat menggunakan bahan-bahan alami lain, yaitu tepung beras, kunyit, temu giring, dan daun pandan. Pemakaian lulur kuning ini dapat mendinginkan, melembapkan, mengaluskan, mencerahkan, serta mampu mengangkat sel-sel mati pada kulit. Tidak heran jika perempuan zaman dulu tetap punya kulit yang cantik nan sehat walaupun produk perawatannya tidak seberagam saat ini.

Source: Pinterest

Warna kuning pada lulur berasal dari kunyit. Rempah-rempah tersebut berisafat antibakteri yang mampu melawan berbagai bakteri, mengandung antioksidan, dan antipenuaan. Menggunakan kulit akan membuat kulit tampak awet muda.

Penggunaan tepung beras dalam lulur kuning Jawa ini pastinya memiliki tujuan sendiri. Tepung beras mengadung PABA atau para amino benzoic acid yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Di samping itu, tepung beras akan membantu memutihkan kulit sera meningkatkan vitamin C.

Saat ini, lulur kuning Jawa bisa digunakan oleh perempuan secara luas. Langkahnya cukup sederhana, hanya dengan mencampurkan semua bahan dan dilarutkan menggunakan air mawar untuk menadapatkan hasil yang lebih optimal. Lulur yang sudah siap, bisa langsung digunakan atau disimpan terlebih dahulu.

Terdengar jadul, nyatanya lulur kuning Jawa sudah memberikan berbagai bukti. Tidak sedikit yang sudah membuktikan keampuhan dari lulur kuning Jawa untuk menjaga kecantikan kulit. Namun, tetap harus dipehartikan jenis kulit Anda karena jika tidak cocok akan berakibat fatal.

Comments:

Leave a Reply

you may also like