Sempatkan Waktu Sejenak, Ini Manfaat Tidur Siang Ketika Jeda Bekerja


Source: Unsplash.com/Sinitta Launen

Rasa kantuk biasanya akan datang di tengah-tengah pekerjaan. Terutama pada saat siang hari telah datang. Rasa kantuk akan semakin menjadi. Bila ada kesempatan untuk istirahat sejenak, coba untuk tidur siang sebentar bukanlah hal yang salah.

Dikutip dari berbagai sumber, nyatanya rasa kantuk pada siang hari merupakan hal wajar dan tidur siang adalah satu tindakan yang menyehatkan. Mengambil jeda untuk tidur siang dikatakan bagus untuk kesehatan tubuh dan mental. Meskipun begitu, tidur pada siang hari memang tidak dianjurkan untuk terlalu lama.

Salahsatu manfaat baik dari tidur siang adalah menurunkan tekanan darah. Dibandingkan merokok ata mengonsumsi banyak makanan yang mengandung garam, ada baiknya  tidur menjadi pilihan saat stress. Merokok dan garam merupakan dua hal yang dapat memicu terjadinya hipertensi atau darah tinggi. Sedangkan orang yang bisa menjaga pla tidur serta menyelakan waktu untuk tidur siang memliki tekanan darah yang relative stabi. Di samping itu, tidur siang juga dapat membantu memperbaiki jam tidur yang rusak.

Source: Unsplash.com/Stacey Koenitz

Mentalpun bisa menjadi lebih terjaga dengan melakukan tidur siang. Tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Selain itu, tidur siang akan memperbaiki suasana hari yang buruk karena pekerjaan menumpuk. Setelah bangun tidur, energy tubuh akan terisi kembali dan perasaanpun lebih siap untuk melanjutkan pekerjaan.

Disarankan untuk tidur siang, bukan berarti waktu yang diambil jadi banyak. Ingat, bahwa jam istirahat tidak sepanjang itu. Setiap tempat bekerja memberlakukan sistem istirahat berbeda-beda. Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin dengan tidur siang kurang lebih selama 15-20 menit saja. Jangan sampai karena tidur siang, pekerjaan jadi terganggu atau bahkan terbengkalai. Jika masih kesulitan, solusi lainnya adalah memasang alarm.

Comments:

Leave a Reply

you may also like