Ketahui Pentingnya TTD Bagi Perempuan di Usia Dini


Source: Unsplash.com/Christine Sandu

Mengapa remaja harus minum tablet tambah darah?

Perlu diketahui, bahwa bagi perempuan mengonsumsi tablet tambah darah merupakan hal yang krusial. Tablet Tambah Darah atau TTD mengandung berbagai nutrisi yang dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. Mengonsumsi TTD secara rutin dapat mengurangi risiko kecacatan pada anak ketika mengandung suatu hari nanti.

TTD tidak hanya menyokong produksi sel darah saja dalam tubuh, tetapi juga turut memenuhi asupan gizi lain. Dalam TTD terkandung asam folat yang dapat mencegah kecacatan pada anak yang dikandung. Namun, konsumsi TTD memang harus dilakukan secara rutin dan berkala.

Bagi perempuan, terutama yang masih menginjak usia remaja, dianjurkan untuk mengonsumsi 48 kapsul TTD selama setahun. Itu artinya, satu kapsul setiap minggu. Ada beberapa aturan tersendiri yang harus diikuti untuk mengonsum TTD ini.

Source: Unsplash.com/Avinash Kumar

TTD disarankan dikonsumsi satu minggu sekali dengan jumlah satu kapsul. Konsumsi TTD harus dilakukan secara konsisten pada hari yang sama setiap minggunya. TTD bisa dikonsumsi setelah makan dan dibantu menggunakan air mineral atau air jeruk. Tidak disarankan untuk diminum bersama teh, susu, maupun kopi.

Konsumsi TTD sebaiknya dibarengi dengan vitamin C. Pengaruh vitamin C ini dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C bisa didapat dari mengonsumsi suplemen atau makanan-makanan tertentu.

Tugas TTD adalah sebagai pendukung, sehingga perempuan harus tetap mengonsumsi makanan lain yang mengandung banyak zat besi. Sebut saja telur, ikan, daging merah, daging ayam, kacang hijau, sayuran hijau, jambu biji, papaya, jeruk, mangga, dn lain-lain. Di samping itu, disarankan juga untuk menghindari makanan penghamabat penyerapan zat besi, contohnya teh dan kopi.

Comments:

Leave a Reply

you may also like