Camilan Anyar Ciki Ngebul Berefek Buruk Pada Kesehatan, 28 Anak di Jawa Barat Terkena Dampaknya



imbas dari Ciki Ngebul terhadap 28 Anak di Jawa Barat, menjadi perhatian khusus terutama Polda Jawa Barat yang memperketat pengawasan.

Ciki Kebul berdampak pada kesehatan anak-anak yang tinggal di wilayah Tasikmalaya dan Bekasi, mereka mengalami keracunan usai mengkonsumsi camilan yang dicampur nitrogen tersebut.

Hal ini diketahui setelah adanya laporan terkait 28 anak dari Tasikmalaya dan Bekasi yang mengalami keracunan usai memakan camilan tersebut. Polda Jabar akan menggandeng instansi terkait seperti Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten dan Kota serta BPOM dalam melakukan pengawasan.

“Akan kita koordinasikan dengan bersama Dinkes dan BPOM untuk mendukung pengawasab,” Kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, Sabtu (7/1/2022).

Lebih lanjut, Ibrahim mengatakan jajaran polisi akan menindaklanjuti bila ditemukan laporan dan unsur pidana dalam kasus anak keracunan akibat mengkonsumsi chiki ngebul.

“Kita merespons jika ada laporan dan jika ada unsur pidananya maka akan kita proses, untuk teknisnya akan kita koordinasikan,” Tutur Ibrahim

Masih mengacu pada kejadian tersebut, dimana sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah meminta rumah sakit dan Dinas kesehatan (Dinkes) di Kabupaten/Kota untuk segera melapor jika menemukan kasus keracunan jajanan chiki ngebul.

Surat Imbauan yang sudah dituangkan dalam Surat Edaran nomor SR.01.07/III.5/154/2023 yang ditandatangani Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, drg Yuli Astuti Saripawan, M. Kes.

Comments:

Leave a Reply

you may also like