Mengenal Breakout, Saat Kulit Merasa Terganggu


Source: Unsplash.com/Alexander Grey

Sering orang mengatakan breakout atau sedang mengalami breakout.

Sebenarnya, apa, sih, breakout?

Breakout adalah kondisi dimana kulit mengalami iritasi. Orang yang tengah mengalami breakout biasanya akan mudha berjerawat. Banyak faktor yang memengrauhi breakout, seperti tidak cocok dalam penggunaan produk, stress, perubahan cuaca, dan lain-lain. Namun, masalah ini tentunya bisa diatasi.

Kondisi breakout lebih sering terjadi pada usia remaja hingga dewasa. Disebabkan oleh hormone stress, breakout sering disamakan dengan purging. Jadi, breakout bisa terjadi karena faktor internal dan eksternal.

Breakout jelas berbeda dengan purging. Letak perbedaannya ada pada proses, sebab purging terjadi saat kulit berganti ke lapisan yang baru. Purging bisa terjadi setelah menggunakan produk tertentu, misalnya produk dengan kandungan asam retinoat dan tretinoin. Hal itulah yang sering dianggap mirip dengan breakout.



Source: Unsplash.com/Alexander Grey

Breakout yang tejadi karena berbagai hal bisa di atasi dengan banyak cara. Salah satu yang paling mudah adalah menggunakan produk perawatan kulit yang benar-benar cocok. Memang agak tricky, karena ketika produk tidak cocok maka akan membuat breakout semakin parah. Oleh karena itu, kenali produk terlebih dahulu sebelum digunakan pada wajah.

Cara lain untuk mengatasi breakout bisa dengan mencuci wajah secara rutin setiap hari sebanyak dua kali. Cuci wajah menggunakan sabun wajah yang nyaman dan tidak membuat kulit tertarik, kering, atau bahkan iritasi. Sebelum mencuci wajah, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

Jika jerawat sudah terlalu parah, seseorang yang breakout bisa memanfaatkan obat jerawat. Ada banyak brand obat jerawat, tapi carilah produk dengan bahan benzoil peroksida, asam salisilat, maupun sulfur. Tahan diri agar tidak menekan jerawat untuk menghindari peradangan.

Breakout terdengar sepele. Walaupun demikian, mengatasinyapun membutuhkan perhatian ekstra. Breakout bisa terjadi pada siapa saja, oleh karena itu pencegahan dan kewaspadaan harus ditingkatkan.

Comments:

Leave a Reply

you may also like