Kenali Teknik Blanching untuk Buat Sayuran Lebih Tahan Lama


Source: Unsplash.com/Gaelle Marcell

Pernah mendengar teknik blanching?

Blanching atau blansir merupakan teknik untuk membuat sayuran lebih awet. Teknik blanching dilakukan dengan merebus sayur secara singkat, lumrahnya 2-3 menit. Kemudian sayuran direndam pada air es untuk menghentikan proses pemasakan.

Tujuan utama dari penerapan teknik ini adalah untuk mempertahankan tekstur dan warna dari sayur tersebut. Penggunaan air es berfungsi untuk menghentikan proses pematangan. Blansir dapat menghentikan proses enzimatik yang akan membuat sayur membusuk.

Di samping mempertahankan tekstur dan warna, teknik blansir mempunyai fungsi lain. Salah satunya adalah membantu membersihkan permukaan sayur dari kotoran yang mungkin sulit dibersihkan menggunakan air biasa. Pada sayuran tertentu, blansir dapat membantu mengurangi rasa pahit dan mempertahankan nutrisinya.

Blanching bisa dilakukan dengan beberapa metode. Pertama ada perebusan atau hot water blanching, kemudian steam blanching atau menggunakan uap, dan yang terakhir hot gas blanching. Setiap metode punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti hanya bisa diterapkan pada sayuran tertentu atau lama sebentarnya proses blanching itu sendiri.

Source: Unsplash.com/Scott Warman

Proses teknik blansir tergantung pada jenis bahan, metode yang digunakan, ukuran, serta suhu yang digunakan. Sayur yang mengalami blansir terlalu singkat justru akan mempercepat pembusukan. Sedangkan jika terlalu lama, blansir akan menghilangkan warna, rasa, vitamin, dan kandungan lainnya. Jadi, bisa dikatakan proses inaktivasi blansir setiap bahan berbeda-beda.

Teknik blanching ternyata tidak hanya bisa digunakan pada sayuran. Fungsi blanching jika digunakan pada daging yaitu agar lebih empuk. Mengapliksikan blanching pada daging juga dapat menghasikan kaldu dan menghilangkan bau amis.

Secara umum, blanching merupakan teknik sederhana untuk membuat sayuran lebih awet. Setiap sayuran memiliki karateristiknya sendiri, sehingga perlakuan ketika blanching berbeda-beda. Blanching akan mebuat tetap segar meskipun disimpan dalam waktu lama.

Comments:

Leave a Reply

you may also like